Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Mengenal Berbagai Manfaat Saffron Bagi Kecantikan Kulit Wajah

Beauty31 October 2021

By Clara Enocensia

Mengenal Berbagai Manfaat Saffron Bagi Kecantikan Kulit Wajah

Manfaat saffron untuk kecantikan sangatlah beragam, mulai dari mengurangi iritasi kulit, mengatasi bekas jerawat, hingga mengatasi lingkaran hitam di bawah mata bisa diatasinya.


Bunga saffron yang memiliki nama asli Crocus Sativus ini, awalnya digunakan sebagai rempah-rempah pada hidangan serta bermanfaat untuk kesehatan. Namun seiring perkembangan jaman, saffron diketahui juga memiliki manfaat untuk kecantikan, khususnya pada kulit wajah.

Bunga saffron memiliki banyak kandungan vitamin dan antioksidan yang juga memiliki sifat terapeutik dan kalium untuk membantu pembentukan dan perbaikan sel kulit wajah. Mari simak berbagai ulasan mengenai manfaat saffron bagi kecantikan.

1. Mengurangi iritasi kulit

Kandungan antioksidan crocin, crocetin, dan kaempferol yang terdapat dalam saffron dapat berperan sebagai zat antiradang. Menurut sebuah hasil penelitian, zat antiradang tersebut dapat membantu mengurangi iritasi, ruam, serta pembengkakan pada kulit.

2. Mengatasi bekas jerawat

Saffron dipercaya dapat mengatasi bekas jerawat. Manfaat tersebut akan terasa optimal bila menggunakan saffron sebagai masker. Antibakteri dan antiinflamasi dalam bunga saffron cocok digunakan bagi Anda yang memiliki tipe kulit mudah berjerawat.

3. Mengatasi mata panda

Munculnya lingkaran hitam pada area mata kerap kali membuat tampilan wajah Anda menjadi terlihat lesu. Untuk mengurangi lingkaran hitam pada area mata, Anda dapat menggunakan masker saffron untuk menghilangkannya. Caranya pun mudah, rendam saffron dalam air semalaman. Kemudian, pada keesokan paginya, haluskan saffron sampai larut sepenuhnya dengan air. Oleskan pada area bawah mata dan diamkan selama 15-20 menit, jika sudah bilaslah dengan air bersih.