Share
Mengenal Berbagai Manfaat Red Light Therapy Terhadap Kesehatan
Ferrell Sahlah Anfasyah
22 December 2022

Banyak yang tidak menyadari, duduk di bawah lampu dapat membantu menyehatkan tubuh (atau otak) Anda. Pada kenyataannya, terdapat potensi peran nyata terapi cahaya pada penyakit tertentu.


Terapi cahaya merah atau Red Light Therapy (RLT) adalah jenis fotomedis, pendekatan kesehatan yang memanfaatkan cahaya dari panjang gelombang yang berbeda untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan. Cahaya merah ada dalam panjang gelombang antara 620 nanometer (nm) dan 750 nm, menurut Pusat Penelitian Atmosfer Nasional. Panjang gelombang cahaya tertentu memicu perubahan dalam sel yang mempengaruhi fungsinya menjadi lebih baik, menurut American Society for Laser Medicine & Surgery.

Red Light Therapy dianggap sebagai terapi pelengkap, artinya ini dimaksudkan untuk digunakan bersama perawatan kesehatan konvensional dan perawatan yang disetujui. Misalnya, jika Anda memiliki garis-garis halus dan kerutan, Anda dapat menggunakan terapi lampu merah dengan tambahan skin care topikal yang diarahkan oleh dokter kulit, seperti retinoid. Anda juga dapat menambah perawatan lain seperti suntikan atau laser. Jika Anda mengalami cedera olahraga, terapis fisik juga dapat membantu Anda dengan tambahan terapi lampu merah.