Share
Mengenal Berbagai Kain Tenun Khas Indonesia yang Bernilai Seni Tinggi
Clara Enocensia
30 May 2022

Berbagai jenis kain tradisional Indonesia yang memiliki corak yang cantik dan bernuansa eksotis hingga digemari pasar internasional.


Selain kain batik, Indonesia memiliki beberapa warisan budaya berupa kain tradisional yang bercorak menawan dengan keunikannya masing-masing. Tak hanya estetik, kain-kain tersebut juga memilki sarat makna serta corak yang khas dari daerah asal. Sehingga tidak heran jika kain tenun khas Indonesia memilki penggemar dari seluruh dunia.

Berikut ini adalah beberapa jenis kain tenun khas Indonesia yang wajib Anda ketahui.

1. Sasirangan

Kain adat suku Banjar di Kalimantan Selatan ini dibuat dengan cara diikat, lalu dicelupkan dalam berbagai warna sehingga menghasilkan motif beragam. Berbeda dengan jenis tie dye, sasirangan menampilkan desain yang lebih formal dan elegan.

2. Tenun Siak

Tenun Siak adalah jenis kain tenun dari siak yang dibuat dengan menggunakan benang katun atau benang sutra yang diberi motif benang emas seperti pucuk rebung, siku keluang, tampuk manggis dan lain-lain.

Awalnya, pekerjaan menenun hanya dikenal di lingkungan Istana sebagai pekerjaan sambilan. Namun seiring dengan perkembangan zaman, pekerjaan menenun mulai merambah keluar dari tembok Istana.

3. Sarung Bugis

Kain tenun yang satu ini menjadi spesial karena berasal dari bahan sutera dengan rangkaian benang emas dan perak. Uniknya, kain tradisional Makassar ini juga menampilkan perpaduan warna cerah dan motif kotak yang cocok untuk dikenakan saat menghadiri acara formal maupun casual.

4. Endek Bali

Kain tenun yang berasal dari Bali ini sempat ramai diperbincangkan sebab kain indah ini masuk koleksi Spring/Summer 2021 rumah mode ternama dunia, Dior. Sama seperti kain tradisional lainnya,

Kain ini dibuat dari benang yang diikat dan dicelupkan ke dalam pewarna .Sama dengan wastra nusantara lainnya, kain tenun Endek ini juga punya motif yang beragam. Setiap motifnya punya makna dan penggunaannya masing-masing.