Mengenal Berbagai Jenis Teh dan Manfaatnya bagi Tubuh
Hamidah Khansa Sabila
18 November 2022

Mengonsumsi teh dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, membakar lemak, dan mengurangi resiko stroke. Telusuri manfaat teh lainnya.


Teh adalah minuman yang sering dikonsumsi kebanyakan orang, baik untuk kesenangan diri atau untuk alasan kesehatan. Teh juga banyak dikonsumsi sebagai pengganti kopi.

Tidak dapat dipungkiri bahwa teh memiliki segudang manfaat di berbagai bidang. Menurut seorang ahli, ia menyatakan bahwa hampir tidak ada hal buruk dari mengonsumsi teh. Tak hanya dikonsumsi, teh juga digunakan di berbagai bidang lainnya seperti aromaterapi hingga parfum.

Menurut berbagai studi yang telah dilakukan, teh memiliki lebih dari banyak manfaat bagi tubuh. Dilansir dari WebMD, berikut adalah jenis ragam teh dan manfaatnya.

Teh Hijau

Teh hijau dibuat dengan cara mengukus daun-daun teh. Menurut studi, antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau dapat mengganggu atau memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara, paru-paru, pankreas dan lainnya. Antioksidan tersebut juga bisa mencegah penyumbatan di arteri, membakar lemak, dan berbagai manfaat lainnya.

Teh Hitam

Teh hitam memiliki tingkat kafein tertinggi diantara teh lainnya karena dibuat dari daun teh yang difermentasi. Menurut studi, teh hitam dapat menjaga kerusakan paru-paru dari paparan asap rokok dan dapat mengurangi resiko stroke.

Teh Hibiscus

Teh hibiscus adalah teh herbal yang terbuat dari infusi bunga rosella dan dikenal memiliki rasa manis seperti cranberi. Menurut studi, mengkonsumsi teh Hibiscus tiga gelas per harinya dapat menurunkan tekanan darah


Teh Chamomile

Menurut studi, antioksidan dalam teh chamomile dapat mencegah komplikasi diabetes seperti hilangnya penglihatan dan gagal ginjal. Teh chamomile juga dapat mencegah perumbuhan sel kanker.