Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Mengenal Beragam Jenis Buah Berry serta Manfaatnya yang Jarang Diketahui

Wellness18 November 2021

By Clara Enocensia

Mengenal Beragam Jenis Buah Berry serta Manfaatnya yang Jarang Diketahui

Selain dikenal sebagai bahan dasar pembuatan dessert, ternyata buah berry memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.


Banyak dari kita yang sudah tidak asing lagi dengan stroberi, bluberi, blackberry, dan rasberi. Buah-buahan tersebut merupakan beberapa contoh dari buah berry, yang telah dikenal dengan banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Tak cuma kaya akan vitamin, buah berry juga kaya akan antioksidan. Tak heran jika banyak dari jenis-jenis buah berry yang dikategorikan sebagai “super fruit” karena segudang manfaat yang dimilikinya. Ada banyak sekali jenis-jenis buah berry yang ada di dunia. Berikut adalah beberapa jenis buah beri-berian yang bisa Anda cicipi serta menjadi alternatif camilan yang menyehatkan.

1. Cranberry

Buah berry yang berasal dari bagian utara Amerika Serikat ini memiliki cita rasa asam dengan sedikit rasa manis. Cranberry terkenal sebagai buah yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Tak hanya itu, buah berwarna merah ini terkenal dapat mencegah infeksi saluran kemih (ISK), sebab cranberry memiliki kandungan mengandung antioksidan yang bermanfaat menghentikan penyebaran bakteri pada dinding saluran kemih.

2. Cloudberry

Cloudberry memiliki bentuk kecil dengan warna oranye kekuningan. Jenis buah berry satu ini tergolong cukup jarang ditemukan di Indonesia, namun cloudberry merupakan salah satu agen detoksifikasi yang sangat baik karena mengandung zat aktif yang dapat menetralkan racun dalam tubuh serta mampu mengurangi sisa air, garam, dan lemak berlebih di dalam tubuh.

3. Boysenberry

Boysenberry merupakan buah hasil persilangan antara rasberi, blackberry, dan loganberry. Sama seperti jenis berry lainnya, boysenberry juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang baik untuk detoksifikasi tubuh. Kelebihan jenis berry ini dapat membantu menurunkan risiko darah tinggi karena kelebihan sodium karena mengandung kalium yang cukup tinggi. Selain memiliki manfaat kesehatan yang beragam, boysenberry juga dapat dimakan segar atau dibuat menjadi olahan lezat seperti olahan pai, jeli, atau cheesecake.

4. Blackcurrant

Blackcurrant termasuk salah satu jenis buah berry yang populer karena rasa manisnya yang lezat dan menyegarkan. Tak hanya itu, buah dengan nama ilmiah Ribes nigrum ini terkenal dengan manfaatnya yang baik untuk meningkatkan fungsi ginjal, kesehatan mata, dan kekebalan tubuh. Sebab blackcurrant kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalium, zat besi, fosfor, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan masih banyak lagi. Daun buah ini pun mengandung turunan quercetin. Qurcetin adalah senyawa aktif yang bersifat anti-peradangan dan antiseptik