Mengenal Bekas Jerawat PIE dan PIH Dan Cara untuk Mengatasinya
Ferrell Sahlah Anfasyah
20 January 2023

Beberapa dari Anda mungkin belum mengenal istilah PIE dan PIH. Kedua istilah ini merupakan jenis bekas jerawat yang dihasilkan.


PIE merupakan kepanjangan dari Post-inflammatory Erythema atau bekas jerawat yang disebabkan oleh pelebaran dan kerusakan pembuluh darah pada saat terjadi fase inflamasi. Hal ini membuat munculnya bercak kemerahan atau merah muda pada kulit. Bekas jerawat PIE biasanya berwarna kemerahan, merah muda atau ungu.

Sedangkan PIH merupakan kepanjangan dari Post inflammatory Hyperpigmentation. PIH sendiri terjadi akibat produksi melanin yang berlebihan pada bagian epidermis setelah terjadinya radang pada kulit. Kulit akan berubah menjadi lebih gelap pada kulit setelah jerawat sudah tidak ada.

Jerawat sebelumnya berasal dari komedo dan berkembang menjadi pustula atau jerawat yang berisi nanah. Pustula ini nantinya akan pecah dan mengakibatkan timbulnya bekas jerawat atau acne scars. Bekas jerawat kemerahan maupun kehitaman pastinya sangat mengganggu. Bekas jerawat PIE terjadi karena pemencetan jerawat, penggunaan skincare yang dosisnya terlalu tinggi, dan paparan sinar matahari, sedangkan bekas jerawat PIH disebabkan oleh inflamasi jerawat, paparan sinar matahari, dan kelebihan melanin kulit.

Jika Anda mengalami permasalahan mengenai bekas jerawat, berikut cara untuk mengatasi PIE maupun PIH di kulit wajahmu!

Cara Mengatasi Bekas Jerawat PIE

  1. Menghindari gesekan yang terlalu keras pada kulit
  2. Mengurangi skincare dengan kemungkinan iritasi tinggi
  3. Mengurangi eksfoliasi yang berlebihan
  4. Menghindari pemakaian skincare
  5. Menggunakan skincare dengan kandungan panthenol, ceramide, mugwort, centella asiatica, niacinamide, hyacross, green tea, dan azeclair

Cara Mengatasi Bekas Jerawat PIH

  1. Rutin menggunakan tinted sunscreen dan reapply tiap 3 jam sekali
  2. Rajin eksfoliasi kulit 2-3 kali setiap minggunya
  3. Menghindari paparan sinar matahari dan sinar laptop dan HP
  4. Menggunakan skincare dengan kandungan AHA, BHA, PHA, retinol, alpha arbutin, vitamin C, niacinamide, dan azeclair

Setiap kulit tentunya memiliki karakteristik yang berbeda. Oleh karena itu, agar mendapatkan hasil yang memuaskan, Anda perlu melakukan perawatan dengan rutin selama 3-6 bulan. Perawatan ini tentu juga akan membantu kulit Anda menjadi lebih sehat.