Mengenal 'Banchan' Makanan Pendamping Khas Korea Yang Menghadirkan Beragam Jenis Pilihan Lauk
Vina Meliana
18 February 2022

Restaurant Korea identik dengan makanan yang enak dan beragam. Ketika berkunjung ke restoran Korea, para pramusaji menyajikan hidangan sampingan yang beragam dan banyak jenisnya. Mungkin untuk sebagian orang yang baru pertama kali berkunjung ke restoran Korea akan mempertanyakan alasan hadirnya makanan pendamping dengan jumlah yang banyak.


Hidangan pendamping khas Korea ini dinamai Banchan atau merupakan makanan sampingan yang memiliki beragam jenis ciri khas dan rasa yang beragam. Jumlahnya yang banyak membuat Banchan identik dengan rasa yang unik dan memiliki tekstur yang berbeda- beda tiap sajianya. Walaupun porsi per piringnya tidak sebanyak dengan hidangan utama membuat Banchan harus dihabiskan supaya menghormati yang menyajikan makanan tersebut.

Selain menyajikan dengan jumlah yang banyak, makanan pendamping Banchan harus disajikan dengan jumlah ganjil karena angka ganjil menyimbolkan keberuntungan di Korea. Sedangkan genap melambangkan kesialan. Maka dari itu kebanyakan restoran Korea menyediakan Banchan dalam jumlah ganjil dan tidak boleh genap.

Awalnya makanan pendamping ini hanya bisa dinikmati oleh keluarga kerajaan, namun seiring berkembangnya waktu makanan pendamping ini bisa dinikmati oleh semua kalangan. Tiap restaurant kaki lima di korea juga menyediakan Banchan sebagai makanan pendamping yang beragam.

Tentunya ada alasan dengan hadirnya Banchan sebagai makanan pendamping. Hal ini karena biaya untuk membuat Banchan yang terbilang cukup murah. Walaupun hanya sekedar makanan kecil untuk pendamping makanan utama, Banchan juga bisa membuat kenyang lebih lama karena terdiri dari banyak pilihan lauk yang kaya akan karbohidrat dan serat.