Mengenal Balayage, Salah Satu Teknik Pewarnaan Rambut yang High Fashion
Vina Meliana
14 February 2022

Sebagian orang mungkin masih banyak yang bingung dalam memilih teknik warna rambut antara ombre dengan highlight. Teknik balayage adalah solusi bagi Anda yang ingin memilih kedua teknik tersebut. Menciptakan warna yang high fashion, membuat model pewarnaan ini menjadi pilihan yang populer saat ini untuk pewarnaan rambut.


Awalnya teknik balayage ini ditemukan di paris pada tahun 1974, yaitu tepatnya di salon L'Oréal Professionnel Paris dan teknik ini kembali populer pada tahun 2014. Teknik balayage merupakan perpaduan dua atau lebih warna yaitu ada yang terang dan ada yang lebih gelap.

Teknik pewarnaan ini akan menciptakan warna natural karena adanya perpaduan dua warna. Selain itu, balayage cocok bagi Anda yang ingin mempunyai rambut bervolume karena gradasi warnanya membuat rambut terlihat mengembang.

Walaupun hampir mirip dengan highlight, teknik balayage memiliki perbedaan yang signifikan dengan highlight karena warna yang dihasilkan balayage terlihat lebih alami dibanding highlight. Yang membedakan adalah pada proses pengaplikasian rambut balayage yang akan semakin terang hingga ujung rambut. Jadi warna yang paling terang adalah pada bagian bawah dan yang paling gelap adalah pada atas rambut.

Proses pengecatan rambut ini sangat membutuhkan ketelitian oleh hairdresser karena jika sampai gagal akan berpengaruh pada hasil akhir rambut. Biasanya hairdresser akan menggunakan aluminium foil untuk memisahkan bagian rambut yang akan dicat supaya tidak ada warna yang tercampur.

Tidak hanya menciptakan warna yang high fashion, teknik balayage ini memiliki beberapa keunggulan seperti ketika rambut mulai tumbuh yang tidak akan merusak warna rambut dan tidak membuat warna rambut belang. Berbeda dengan cat metode biasa yang akan terlihat belang dan rusak ketika rambut mulai tumbuh.

Meskipun begitu, keindahan rambut balayage tetap harus dirawat supaya lebih tahan lama, yakni dengan menggunakan masker rambut dan vitamin. Namun, ada hal yang harus dihindari sehabis cat rambut adalah menggunakan shampo anti ketombe yang dapat membuat warna rambut rusak dan cepat luntur.