Share
Mengenal Apa Itu Flow State dan Bagaimana Cara Mencapainya
Dewi Anggriani Siregar
26 July 2024

Melakukan sesuatu yang kita cintai memang menyenangkan. Segala aktivitas yang kita lakukan akan terasa lebih mudah jika didasari dengan passion dan keinginan yang kuat.


Flow state, atau kondisi aliran, adalah keadaan pikiran di mana seseorang sangat terfokus dan terlibat dalam suatu aktivitas sehingga mereka kehilangan rasa waktu dan lingkungan sekitar. Ini sering terjadi ketika seseorang melakukan sesuatu yang mereka sangat nikmati dan memiliki keterampilan yang cukup untuk mengatasi tantangan yang dihadapi.

Flow state membantu kita mencapai kinerja optimal dan memberikan perasaan kepuasan yang mendalam. Ini adalah keadaan di mana kita bisa bekerja atau berkreasi dengan sebaik-baiknya karena kita benar-benar menikmati prosesnya. Frasa "flow state" dipopulerkan oleh dua psikolog positif, Mihaly Csikszentmihalyi dan Jeanne Nakamura. Mereka mempelajari kondisi mental positif seperti kebahagiaan, kegembiraan, dan ketahanan, serta meneliti cara meningkatkannya dalam kehidupan sehari-hari. Flow state bukanlah konsep baru—banyak orang mungkin menyebutnya sebagai "berada dalam zona"—tetapi studi mendalam tentangnya dimulai pada tahun 1970-an. Minat yang meluas terhadap efek positifnya relatif baru.

FLOW STATE

Menurut psikolog Mihály Csíkszentmihályi, flow state adalah keadaan pikiran yang membuat seseorang tenggelam dalam aktivitas yang mereka lakukan. Tenggelam di sini bisa diartikan sebagai keadaan fokus yang membuat seseorang benar-benar asyik dan menikmati aktivitas atau pekerjaan mereka. Untuk mencapai flow state, ada beberapa langkah dan kondisi yang perlu diperhatikan. Berikut adalah cara-cara yang dapat membantu kamu masuk ke dalam kondisi flow:

Pilih Aktivitas yang Anda Nikmati

Pilih aktivitas yang benar-benar kamu sukai dan minati. Jika kamu tidak tertarik pada tugas tersebut, akan sulit untuk mencapai flow.

Tetapkan Tujuan yang Jelas

Memiliki tujuan atau sasaran yang jelas membantu menjaga fokus. Ketika kamu tahu apa yang ingin dicapai, lebih mudah untuk tetap berada di jalur dan menghindari distraksi.

Seimbangkan Tantangan dan Keterampilan

Pilih aktivitas yang menantang tetapi masih sesuai dengan kemampuanmu. Jika terlalu mudah, kamu akan bosan; jika terlalu sulit, kamu akan merasa stres. Keseimbangan ini sangat penting untuk mencapai flow.

Gunakan Teknik Mindfulness

Latih kesadaran penuh atau mindfulness untuk tetap hadir dan fokus pada saat ini. Ini bisa membantu mengurangi pikiran yang mengganggu dan menjaga perhatianmu pada aktivitas.

Atur Waktu yang Cukup untuk Aktivitas

Alokasikan waktu yang cukup untuk benar-benar terlibat dalam aktivitas tersebut. Flow biasanya membutuhkan waktu untuk berkembang, jadi pastikan kamu tidak terburu-buru.