Share
Mengenal Anemia Aplastik, Penyakit Kekurangan Darah yang Langka
Dewi Anggriani Siregar
06 September 2023

Belakangan ini anemia aplastik menjadi salah satu hal yang cukup banyak diperbincangkan setelah merebak kabar salah satu public figure yang diketahui mengidap penyakit ini. Lantas, apa sebenarnya anemia aplastik itu?


Anemia aplastik merupakan penyakit kekurangan darah yang terbilang langka. Meski cukup asing di telinga Anda, anemia aplastik adalah salah satu penyakit serius yang membutuhkan penanganan segera.

ANEMIA APLASTIK

Mengutip Siloam Hospital, anemia aplastik adalah gangguan kesehatan berupa anemia atau kurang darah dikarenakan sumsum tulang tidak mampu memproduksi sel darah baru yang cukup, baik trombosit, leukosit, maupun eritrosit atau ketiganya sekaligus.

ANEMIA APLASTIK

Mereka yang menderita anemia aplastik akan merasakan tubuh lelah dan lebih rentan terhadap infeksi dan pendarahan yang tidak terkontrol. Penyakit anemia aplastik ini digolongkan menjadi 2 jenis, yaitu inherited aplastic anemia yang telah dimiliki sejak lagir dan acquired aplastic anemia yang baru muncul di umur tertentu. Penyakit ini juga dapat disebabkan oleh faktor genetik, riwayat penyakit lain seperti autoimun, reaksi obat-obatan, dan gangguan penyakit atau virus lain serta paparan sinar radiasi kemoterapi.

BACA JUGA: Mengenal Baby Blues Syndrome, Masalah yang Kerap Terjadi Pada Ibu Pasca Melahirkan