Share
Mengenal Alkaline Diet, Metode Diet Andalan Victoria Beckham dan Jennifer Aniston
Clara Enocensia
02 March 2022

Mengenal diet alkali, metode diet populer di kalangan selebriti hollywood yang menjadi pilihan Victoria Beckham dan Jennifer Aniston untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh mereka.


Diet alkali bisa dikatakan sebagai salah satu diet yang populer di kalangan selebriti hollywood. Seperti penyanyi dan model, Victoria Beckham, ia menjaga kesehatannya dan menerapkan hidup sehat dengan menjalankan diet alkaline.

Popularitas diet alkali mulai meningkat sejak Victoria Beckham memposting di akun twitter miliknya tentang buku Honestly Healthy, sebuah buku yang mempromosikan diet alkali. Pada dasarnya diet alkaline adalah pola makan yang mengutamakan sayur-sayuran dan buah-buahan segar. Tujuannya menjaga tingkat pH yang optimal dalam tubuh.

Pola makan alkali berakar dari pengobatan tradisional Hindu kuno yang disebut Ayurveda. Pada tahun 1920, Hay Diet menciptakan pola makan yang memisahkan makanan ke dalam tiga grup kelompok, yaitu basa, asam, dan netral. Pada tahun 1980-an pola makan ini dikenal dengan istilah diet food combining.

Prinsip diet alkali berasal dari pola makan tersebut karena tubuh butuh keseimbangan antara asam dan basa. Jika tubuh terlalu asam, maka dapat menyebabkan beberapa permasalahan kesehatan seperti obesitas, permasalahan kulit, hingga kanker. Tetapi, beberapa makanan, seperti daging, gandum, gula halus, dan makanan olahan, dapat membuat tubuh memproduksi asam, yang dinilai kurang baik bagi tubuh.

Tujuan dari diet alkali adalah untuk menjaga pH tubuh agar tetap berada pada angka ideal, yaitu antara 7.35 dan 7.45. Dengan pemilihan makanan yang tepat, terutama yang bersifat basa, maka dapat membantu menyeimabngkan pH tubuh agar tidak terlalu asam. Hal ini juga dapat mengurangi ketegangan dan meningkatkan sistem pencernaan.
Tak hanya Victoria Beckham, Jennifer Aniston juga merupakan salah satu seleb wanita yang mengikuti pola makan ini.