Share
Mengenal Air Guraka, Minuman Khas Ternate yang Terbuat dari Rempah-Rempah
Clara Enocensia
07 March 2022

Air guraka adalah minuman penghangat sekaligus penambah stamina khas Ternate. Minuman ini sudah lama ada dan diwariskan secara turun menurun.


Wilayah Indonesia memang dikenal kaya akan rempah-rempah yang pernah diidamkan oleh bangsa lain. Pada zamannya, Maluku adalah pusat penghasil rempah-rempah di Indonesia.

Tak heran jika kuliner di daerah tersebut terkenal akan campuran rempah-rempahnya. Jika Anda berjalan-jalan ke Ternate atau Halmahera, maka di sepanjang jalan perkotaan Anda bisa menemukan penjual air guraka dengan mudah.

Air guraka merupakan salah satu minuman tradisional khas Maluku Utara khususnya Ternate dan pulau Halmahera. Air guraka terbuat dari bahan dasar jahe sehingga terlihat serupa dengan berbagai minuman tradisional lainnya seperti sekoteng, bandrek, saraba, dan lain sebagainya.

Namun, air guraka menggunakan campuran dari rempah lainnya seperti kenari dan gula aren, sehingga memiliki cita rasa yang unik.

Air guraka sendiri dikenal masyarakat Ternate sebagai warisan kuliner leluhur. Dulunya air guraka merupakan minuman favorit bangsawan di Ternate. Kini air guraka banyak dinikmati masyarakat sebagai minuman penambah stamina.

itu, guraka juga dipercaya menguatkan imun dan menghangatkan badan. Hal ini karena air guraka terbuat dari rempah-rempah jahe dan serai yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh.

Bila diperhatikan, air guraka memiliki warna yang lebih pekat dibandingkan minuman jahe lainnya. Hal ini dipengaruhi penggunaan gula merah dalam membuat guraka.

Gula merah khas Ternate sendiri ternyata memiliki warna yang pekat, bahkan terlihat mirip kopi. Selain itu, banyak pula yang menambahkan kayu manis dalam guraka. Tujuannya untuk menambah aroma dan rasa manis alami dalam minuman khas Ternate ini.