Share
Mengenal 4 Table Manner Ala Korea Selatan Sebagai Bentuk Penghormatan
Vina Meliana
28 April 2022

Negeri gingseng ini tidak hanya dikenal memiliki beragam budaya pop yang populer melainkan juga budaya tata krama yang sangat kental.


Korea Selatan dikenal memiliki budaya yang kental dan penuh aturan. Terutama saat sedang makan bersama-sama, mereka menjunjung etika saat sedang makan dengan orang lain. Mungkin untuk sebagian orang yang sering menonton K-drama, pasti akan familiar dengan cara orang Korea Selatan saat makan.

Mereka sering memperlihatkan budaya Korea Selatan secara tidak langsung, terutama etika saat sedang makan. Berikut adalah beberapa etika saat makan ala Korea Selatan yang memiliki beragam aturan yang kental.

Hindari Mengangkat Mangkuk Saat Makan

Dengan mengangkat mangkuk saat makan memang dapat mempermudah proses makan lebih cepat. Tetapi di Korea Selatan, sebaiknya menghindari hal tersebut karena dianggap tidak sopan. Maka, sebaiknya peralatan makan harus dibiarkan sejajar dengan peralatan lainya.

Menuangkan Minum Kepada Orang Lain

Ketika Anda sedang berada di meja makan dengan orang lain, maka sebaiknya tidak lupa untuk menuangkan minumannya. Anda harus menuangkan minuman kepada orang yang lebih tua hingga yang paling muda karena merupakan bukti penghormatan terhadap orang yang satu meja makan dengan Anda.

Pastikan Kondisi Gelas Penuh

Gelas kerabat yang sedang makan dengan Anda harus penuh. Maka ketika ia sudah menghabiskan minumnya, pastikan Anda berinisiatif untuk mengisinya. Namun Anda juga harus bertanya ketersediaan mereka saat diisi minuman nya kembali.

Tidak Boleh Menancapkan Sumpit Ke Nasi

Jika di Indonesia, menancapkan sumpit ke nasi masih dinilai wajar karena tidak ada yang mempermasalahkan. Namun berbeda dengan budaya di Korea Selatan yang yang melarang hal tersebut terjadi. Menurut kepercayaan mereka, dengan menancapkan sumpit ke nasi, mengibaratkan sebuah dupa yang ditancapkan ke tanah.