Mengapa Berbelanja Ala Sustainable Fashion Lebih Mudah dari yang Anda Bayangkan

Fashion09 March 2020

By Larasati Oetomo

Mengapa Berbelanja Ala Sustainable Fashion Lebih Mudah dari yang Anda Bayangkan

Semua orang di dunia mode terus berbicara tentang sustainable fashion. Sebenarnya, apa itu sustainable fashion dan bagaimana kita mengadopsi gaya hidup ini?


Ketika Anda berbelanja fesyen keberlanjutan, Anda memilih daya tahan dan efisiensi dalam hal mengisi lemari pakaian Anda. Fesyen keberlanjutan juga merupakan bagian dari gerakan hijau untuk mengurangi limbah dan meningkatkan efisiensi energi di era pemanasan global.

Beberapa selebriti telah mengadopsi kampanye keberlanjutan ini dengan cara mereka sendiri. Joaquin Phoenix, aktor utama film Joker, memutuskan untuk hanya mengenakan setelan jas Stella McCartney yang sama sepanjang musim penghargaan. Perancang busana Uruguay Gabriela Hearst menciptakan koleksi Fall/Winter 2020 teranyarnya menggunakan bahan yang didaur ulang dari koleksi sebelumnya.



Anda sendiri dapat mengambil peran dalam gerakan ini. Ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk berbelanja dan mengenakan pakaian secara berkelanjutan — dan itu mungkin lebih mudah daripada yang Anda pikirkan:

Pilih Kualitas di Atas Kuantitas

Ini mungkin terdengar klise, namun perlu diakui produk sustainable/slow fashion cenderung lebih mahal. Namun, masih lebih baik memilih 1-2 barang yang lebih mahal namun tahan lama daripada menimbun selusin barang yang berumur pendek. Barang-barang mewah atau eksklusif memiliki nilai investasi ekstra karena daya tahan dan kualitasnya. Anda dapat menjualnya kembali dengan harga yang baik, memberikan, atau menyewakannya kepada orang lain agar lebih berkelanjutan.

Beli Hanya Item-item Esensial



Kebiasaan overbuying sering dipicu oleh keserakahan dan bukan dari rasa kebutuhan. Kadang-kadang Anda hanya menelusuri feed Instagram Anda ketika Anda akhirnya terpana oleh produk baru, promosi, dan apa-apa yang dikenakan selebgram saat ini. Alih-alih membeli barang-barang yang mungkin terlihat keren untuk sementara waktu, pilihlah untuk membeli barang-barang penting dan serbaguna seperti jaket, blazer, sepatu bot, atau denim yang akan selalu terlihat keren dari waktu ke waktu.

Beli Preloved atau Sewa

Baiklah, Anda tidak ingin terlihat mengenakan semua pakaian yang sama setiap hari, terutama dalam acara-acara khusus. Sementara terus-menerus membeli barang baru adalah hal yang tidak boleh dilakukan dalam fesyen berkelanjutan, banyak toko dan perusahaan saat ini memberi Anda pilihan untuk membeli barang-barang preloved atau menyewa barang-barang berkualitas tinggi. Anda tidak hanya menghabiskan lebih sedikit dengan menyewa atau belanja preloved; Anda juga diberi pilihan pakaian dalam jumlah tak terbatas yang bisa Anda pakai tanpa harus mengonsumsi lebih banyak.

Beri Perhatian Lebih Banyak pada Bahan Kain



Apakah bahan tersebut membutuhkan upaya ekstra untuk mempertahankannya seperti dry cleaning atau perawatan binatu lainnya? Apakah bahan berasal dari sumber yang tidak terbarukan seperti poliester? Air dan listrik hanyalah dua sumber energi yang kita penyalahgunaan untuk menjaga penampilan kita tetap rapi dan tanpa cacat. Sudah waktunya untuk meminimalkan penggunaan material yang membutuhkan banyak energi untuk mempertahankannya. Sebagai gantinya, Anda dapat memilih bahan yang ramah lingkungan seperti katun organik, lenzing tencel, dan sutra.

Ibu Tahu Yang Terbaik



Tidak ada yang baru di bawah matahari, bahkan tren sering bergema ke masa lalu. Mengapa kita tidak mengunjungi lemari pakaian ibu atau nenek kita dan melihat apakah ada sesuatu yang abadi yang bisa kita padu-padankan dengan busana kita sendiri? Potongan mode vintage tidak hanya memiliki daya tarik sendiri; mereka juga cenderung lebih tahan lama daripada kebanyakan produk ritel yang kita lihat saat ini.