Share
Menelusuri Manfaat Quinoa, Makanan Substitusi Nasi yang Sehat
Hamidah Khansa Sabila
09 February 2023

Tanaman biji-bijian ini terkenal sebagai menu diet yang mengenyangkan dan penuh nutrisi. Telusuri manfaat quinoa pada tubuh lebih lanjut.


Quinoa adalah tanaman biji-bijian yang popular sebagai makanan substitusi untuk memenuhi kebutuhan protein ketika diet. Quinoa diketahui berasal dari Peru dan Bolivia. Tanaman biji-bijian ini dikenal sangat kaya akan nutrisi. Bahkan, suku Inca menganggap quinoa adalah makanan penting.

Folat, zat besi, tiamin, magnesium, mangan, fosfor, kalium, dan zinc adalah beberapa zat atau senyawa nutrisi yang terdapat dalam quinoa. Lantas, apa saja manfaat dari mengkonsumsi quinoa?

Dilansir dari healthline, berikut adalah manfaat yang didapat ketika mengkonsumsi quinoa.

Memiliki Kandungan Serat yang Tinggi

Quinoa adalah tanaman biji-bijian yang dikenal memiliki kandungan serat lebih tinggi dari tanaman biji-bijian lainnya. Adanya kandungan serat yang tinggi dapat membantu anda ketika melakukan diet karena makanan menjadi lebih mengenyangkan sehingga dapat membantu anda menjaga makan.

Memiliki Kandungan Protein yang Mencukupi

Menurut sebuah riset, quinoa mengandung sembilan asam amino penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Maka dari itu, quinoa juga disebut sebagai protein ‘hampir’ lengkap. Walaupun tidak dapat dijadikan sumber protein utama, quinoa dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein tambahan.

Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi quinoa dapat merendahkan resiko diabetes dan penyakit jantung karena adanya serat yang dapat menjaga kolesterol dan gula darah. Antioksidan yang terdapat dalam quinoa dapat mencegah kerusakan pada jantung dan organ lainnya.