Mencoba Ganjang Gejang, Makanan Tradisional Khas Korea Hasil Fermentasi Kepiting Mentah
Vina Meliana
08 March 2022

Biasanya Anda menyantap hidangan kepiting yang sudah dimasak dengan rasa daging yang lembut dan manis. Hal ini berbeda dengan hidangan khas Korea Selatan satu ini yaitu Ganjang Gejang. Makanan khas Korea ini merupakan hasil dari fermentasi dari kepiting mentah yang direndam dengan kecap asin.


Tentu jenis kepiting yang digunakan untuk Ganjang Gejang ini adalah “kkotge” atau kepiting rajungan. Jenis kepiting ini menciptakan rasa yang lebih nikmat daripada kepiting jenis lainya.

Provinsi Jeolla menjadi salah satu pelopor Ganjang Gejang terbaik dan lezat untuk dinikmati. Walaupun banyak orang yang beranggapan kepiting mentah tidak bisa dikonsumsi karena memiliki bau yang amis dan lembek. Namun dengan kepopuleran Ganjang Gejang ini membuat banyak orang di luar Korea Selatan tertarik ingin mencobanya.

Anda juga bisa membuat makanan ini di rumah. Cara membuat Ganjang Gejang ini cukup mudah yaitu dibutuhkan kepiting mentah yang masih fresh, kecap asin, gula, garam, dan bahan yang memiliki wangi yang khas seperti lemon dan apel yang tujuanya untuk menghilangkan bau amis pada kepiting mentah.

Tahap selanjutnya yaitu setelah makanan sudah tercampur maka masukan kepiting mentah kedalam baskom dan tunggu hingga satu minggu supaya menciptakan rasa yang kuat dari kuah Ganjang Gejang yang sudah dimarinasi dengan baik.

Karena kenikmatannya, Ganjang Gejang ini sering disebut sebagai “pencuri nasi” karena berhasil membuat seseorang menghabiskan nasi yang banyak ketika menikmatinya. Walaupun berasal dari kepiting mentah, Anda tidak boleh melewatkan begitu saja makanan ini, karena Anda akan mendapatkan experience yang berbeda serta kenikmatan rasa yang tidak perlu diragukan lagi.