Share
Mencicipi Hidangan Kesukaan Ir. Soekarno yang Lezat dan Penuh Sejarah di Hotel Indonesia Kempinski
Trisha Aulia
13 May 2024

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta mengajak Anda untuk mencicipi cita rasa otentik Indonesia yang terinspirasi dari buku resep bersejarah Presiden Soekarno dalam program terbaru yang bertajuk “Mustikarasa”.


Berlokasi di mata Kota Jakarta, tepatnya di Bundaran HI, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta baru-baru ini meluncurkan program kuliner “Mustikarasa” yang tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga membawa Anda menelusuri jejak sejarah Indonesia melalui hidangan-hidangan tradisional Jakarta dan sekitarnya yang terpengaruh oleh berbagai bangsa.

Hidangan Mustikarasa Kempinski 2

Jakarta, yang dulunya dikenal sebagai Sunda Kelapa, merupakan kota pelabuhan penting yang ramai dikunjungi pedagang dari berbagai penjuru dunia. Selama berkunjung ke Sunda Kelapa, para pedagang ini membawa serta cita rasa khas dari tanah air mereka, yang kemudian berpadu dengan cita rasa lokal, melahirkan hidangan-hidangan unik dan lezat yang menjadi ciri khas kuliner Jakarta yang kita cintai hari ini.

Melalui program Mustikarasa, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta mengajak Anda untuk mengunjungi kembali cita rasa masa lalu Jakarta yang otentik. Anda akan bisa menjumpai pengaruh budaya Cina, India, Arab, bahkan Eropa di dalam hidangan-hidangan seperti Laksa, Bubur Ase, Nasi Goreng Kambing, Perkedel Kentang, Bistik Lidah, hingga Semur Daging.

Hidangan Mustikarasa Kempinski

Penuh sejarah, hidangan-hidangan lezat dalam Mustikarasa diambil langsung dari buku resep ikonis “Mustikarasa”, yang digagas oleh Presiden Soekarno sendiri. Diterbitkan pada tahun 1967, buku ini mengandung lebih dari 1500 resep dari seluruh Indonesia, menjadi bukti kecintaan Soekarno terhadap kekayaan kuliner Nusantara dan pentingnya melestarikan warisan budaya tersebut.

Buku Resep Mustikarasa

Meneruskan warisan Soekarno, Mustikarasa yang merupakan bagian dari kampanye “The Legend Lives On”, menjadi cara Hotel Indonesia Kempinski Jakarta untuk melestarikan dan mengangkat kekayaan budaya dan sejarah Indonesia melalui kuliner.

Sajian makanan dan minuman yang disorot selama program Mustikarasa akan berotasi setiap dua bulan sekali, dimulai dengan hidangan Betawi-Cina yang tersedia mulai Mei hingga Juni. Menariknya lagi, program ini akan menampilkan menu khusus pada bulan Agustus, yang terinspirasi dari Ende, Flores, tempat yang memiliki arti khusus bagi Soekarno, karena disanalah beliau merencanakan dan memupuk semangat kemerdekaan Indonesia.

Program Mustikarasa hadir di Signatures Restaurant, restoran kebanggan Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, hingga akhir 2024. Dengan mencicipi hidangan-hidangan khusus yang diluncurkan pada program Mustikarasa, Anda bisa rasakan warisan kuliner Indonesia yang dahulu sangat dicintai oleh Sang Proklamator sekaligus merayakan pengaruh budaya asing terhadap khazanah kuliner Jakarta. Untuk reservasi atau informasi lebih lanjut, kunjungi www.kempinski.com.