Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Mencicipi Beragam Jenis Kimchi yang Paling Populer di Korea Selatan

Wine & Dine25 May 2022

By Clara Enocensia

Mencicipi Beragam Jenis Kimchi yang Paling Populer di Korea Selatan

Tak hanya dikenal karena industri musik dan fashionnya, beberapa macam kimchi khas Korea Selatan ini juga populer di seluruh belahan dunia.


Selain terkenal dengan dramanya, Korea Selatan juga terkenal terkenal memiliki kulinernya yang khas dan lezat. Anda pasti sudah tidak asing dengan kimchi, makanan nasional Korea yang difermentasi. Makanan sehat ini mengandung protein, serat, vitamin, kalsium, fosfor, dan lain-lain yang bermanfaat bagi tubuh.

Ternyata kimchi memiliki berbagai jenis yang berbeda, mari simak ulasan berikut untuk mengetahui ragam jenis kimchi yang populer di Korea Selatan.

1. Baechu Kimchi

Jenis kimchi yang satu ini adalah yang paling populer. Dibuat dari bahan dasar, sawi putih, bawang putih, dan minyak ikan yang diberi bumbu bubuk cabai, biasanya beachu kimchi disajikan sebagai side dish menu nasi goreng atau sup.

2. Oisobagi Kimchi

Oisobagi kimchi adalah jenis kimchi yang terbuat dari bahan dasar mentimun. Mentimun dibelah empat bagian diatasnya lalu diisi beragam potongan sayuran yang telah dibumbui seperti lobak, wortel dan sawi.

Oisobagi kimchi disajikan sebagai hidangan pelengkap untuk menikmati sup lobak.

3. Dongchimi Kimchi

Di Korea, dongchimi biasanya dibuat sebelum musim dingin. Kimchi jenis ini harus difermentasi selama 2-3 hari untuk mendapatkan rasa kuah yang segar dan sedikit asam.

Menariknya, terdapat potongan buah pir yang akan menambah rasa manis pada dongchimi. Saat disajikan dongchimi bisa ditambahkan es batu supaya lebih segar atau sebagai hidangan pendamping mie dingin atau nasi dalam kuah.

4. Kkaenip Kimchi

Kkaenip kimchi cukup unik dari varian lainnya. Bukan dari sawi maupun mentimun, varian yang satu ini terbuat dari tanaman kkaenip alias perilla yang mirip daun mint. Kkaenip kimchi biasa disajikan dengan tambahan wijen setelah melalui proses fermentasi.