Share
Menampung 151 Ribu Karya Seni, Inilah Tampilan Estetik Depo Seni di Rotterdam
Annisa Indah
14 December 2021

Tak seperti kebanyakan museum dimana sebagian besar koleksinya disimpan, seluruh karya seni di dalam Depot Boijmans Van Beuningen di Rotterdam dapat dinikmati oleh publik.



Dilansir dari My Modern Met, Depot Boijmans Van Beuningen di Rotterdam bukanlah museum, namun seluruh karya seni didalamnya dapat dinikmati oleh publik. Dinamakan sebagai depot seni pertama yang dapat diakses publik di dunia, bangunan ini akan menyimpan 151.000 karya dari Museum Boijmans Van Beuningen yang terletak tak jauh darinya.


Bangunan ini berdiri tegak setinggi hampir 40 meter, dan melengkung ke arah luar seraya memanjang ke atas. Bagian terluar yang terbuat dari 1.664 panel kaca cermin menciptakan efek mangkok perak raksasa. Di lantai teratas, terdapat taman rimbun yang dipenuhi pepohonan dan restoran.


Dalam gedung yang berbentuk istimewa ini, telah dibagi menjadi lima zona untuk pelestarian karya seni yang tersimpan di dalamnya. Pengunjung dapat menjelajahi lukisan, foto, film, patung, gambar, dan banyak lagi melalui serangkaian fasilitas penyimpanan, studio, dan galeri. Juga termasuk dalam Depot adalah area restorasi.


Fitur paling ikonik dari interior bangunan adalah tangga silang di atrium besar yang menghubungkan pengunjung ke berbagai area. Saat pengunjung berjalan melalui ruang, mereka dapat melihat berbagai bagian bangunan dan berbagai karya seni yang tersimpan di seluruh ruangan.