Menampilkan Pemandangan Unik, Berikut Museum Dasar Laut Terbaik di Dunia

Travel11 October 2021

By Clara Enocensia

Menampilkan Pemandangan Unik, Berikut Museum Dasar Laut Terbaik di Dunia

Dapatkan pengalaman anti mainstream dengan mengunjungi museum-museum bawah laut berikut ini.


Ternyata ada banyak museum di dunia ini yang menarik untuk dikunjungi, seperti misalnya museum bawah air yang memiliki koleksi berbagai patung menarik hingga museum yang ada di bangkai kapal karam. Bagi Anda yang gemar mengunjungi tempat-tempat unik, museum bawah laut ini bisa jadi pilihan liburan Anda.

Selain menawarkan pengalaman anti mainstream, museum bawah laut juga menjadi habitat terumbu karang. Berikut 3 museum laut terbaik di dunia untuk inspirasi liburan Anda.

1. Parthenon of Underwater Museum, Yunani

Museum ini merupakan museum bawah laut pertama di Yunani, letaknya berada di situs bangkai Kapal Peristera yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke-5 sebelum masehi. Museum ini berlokasi di Pulau Alonissos, Yunani. Bangkai kapal tersebut menyimpan 4000 vas yang berisi anggur ketika tenggelam. Sebagian besar vas yang masih utuh, terletak di dasar laut dan menjadi habitat bagi berbagai jenis ikan, serta biota laut lainnya, sehingga menciptakan pemandangan yang sangat indah.

2. Museum of Underwater Art, Australia

Museum ini menjadi alternatif baru bagi wisatawan yang ingin menikmati indahnya bawah laut Great Barrier Reef. Museum ini menampilkan banyak patung yang diletakkan di dasar laut. Semuanya ditaruh di sekitar karang-karang yang ada di perairan lepas Pantai Townsville, Pulau Palm, dan Pulau Magnetic.

3. Underwater Military Museum Aqaba, Yordania

Museum ini merupakan museum militer bawah laut pertama di dunia. Pasalnya, pemerintah Yordania menenggelamkan tank, helikopter, ambulans, hingga kendaraan pengangkut pasukan ke lepas Pantai Aqaba di Laut Merah. Sebanyak 19 kendaraan militer yang telah dinonaktifkan, kemudian ditenggelamkan dan ditempatkan di dasar laut hingga kedalaman 28 meter untuk dijadikan koleksi museum ini.