Share
Memulai Perjalanan Kuliner di Yau Ma Tei, Hong Kong Bersama Chef Vicky Lau
Novita Angelina
01 October 2021

Yau Ma Tei merupakan rumah bagi pasar jalanan yang ikonik, landmark bersejarah, dan perpaduan eklektik dari restoran-restoran terkenal di Hong Kong.


Koki Vicky Lau mengetahui bahwa makanan berkualitas dibuat dari bahan-bahan yang berkualitas. Restorannya yang berbintang Michelin, Tate Dining Room, terkenal dengan sentuhan kreatif pada produk berbagai musim di Hong Kong yang dikurasi sesuai dengan ciri khas kuliner Hong Kong.

Selain itu, ia juga dikenal dengan ciri masakan yang memiliki perpaduan hidangan Cina-Perancis dan juga menjembatani antara kuliner tradisional dengan modern. Tidak heran, pemilik sekaligus koki, Vicky Lau dianggap sebagai ikon dalam dunia kuliner Hong Kong.

Dalam episode pertama dari empat serial “Hong Kong Chefs’ Playbook”, Lau bersama dengan pembawa acara, Debbie Wong, membawa kita dalam perjalanan ke Yau Ma Tei, distrik bersejarah yang ramai di pusat West Kowloon, Hong Kong. Tempat ini sangat sempurna untuk dijelajahi dan memandu penonton untuk menemukan tempat tersembunyi lokal yang berdiri sebagai pusat bagi para koki dan restoran di Yau Ma Tei.

Shanghai Street

Sebelum kita memasak, pertama-tama kita tentu membutuhkan peralatan yang penting. Oleh karena itu mereka mengunjungi Shanghai Street yang dijuluki sebagai surga para juru masak. Sepanjang jalan ini dipadati dengan toko-toko yang penuh dengan panci, wajan, dan hampir semua yang mungkin dibutuhkan di dapur. Terkenal dengan kualitas dan harga yang terjangkau, tempat ini menjadi surga bagi siapa saja yang suka memasak.

Menyusuri jalan ini, Anda akan menemukan toko-toko yang sudah berdiri sejak lama dan menjual peralatan untuk berbagai jenis makanan. Dari peralatan kayu hingga peralatan stainless steel, ada juga toko peralatan untuk setiap juru masak, baik itu dim sum atau pastry. Toko-toko itu juga menyediakan peralatan canggih untuk membuat adonan, blender, mengaduk, menggoreng, dan mesin lain yang Anda inginkan untuk di dapur atau restoran.

Man Kee Chopping Board

Man Kee Chopping Board adalah tujuan utama setiap koki dalam perjalanan ke Shanghai Street. Tempat ini telah berdiri selama lebih dari setengah abad, menawarkan talenan berkualitas yang dibuat secara khusus menggunakan berbagai jenis kayu untuk memenuhi kebutuhan setiap juru masak. Kayu yang berfungsi sebagai spons untuk menyerap setiap hentakan dari pukulan pisau, membuatnya menjadi bahan yang aman dan ideal sebagai talenan untuk koki yang melakukan banyak pemotongan.

Pemiliknya, Mike Au, berbagi tips tentang perawatan talenan kayu yang benar, dan dia memberikan sebuah talenan kepada Koki Vicky yang bisa digunakan di restorannya. Talenan jenis kayu tidaklah sepopuler dulu, jadi Man Kee benar-benar menjadi tempat rahasia tersembunyi bagi mereka yang masih menghargai manfaat baik dari talenan kayu untuk teknik memasak mereka.

Pasar Buah Yau Ma Tei

Sekarang setelah memiliki semua alat yang tepat, saatnya mengumpulkan bahan-bahannya. Hanya selang beberapa menit berjalan kaki dari Shanghai Street terdapat Pasar Buah Yau Ma Tei. Didirikan pada tahun 1913, pasar ini diakui sebagai Bangunan Bersejarah Tingkat II pada tahun 2009, begitu juga dengan banyak bangunan lain di daerah tersebut. Meskipun telah melalui banyak penambahan dan renovasi, bangunan tersebut masih mempertahankan bentuk aslinya dari masa lalu.

Mengutip Koki Vicky, “seandainya dinding bisa bicara”, kita dapat merasakan perjalanan ke pasar seperti membawa kita kembali ke masa lalu, dengan semua arsitektur bersejarah dan Teater Yau Ma Tei yang berada tepat di seberang jalan. Pasar Yau Ma Tei paling sibuk pada dini hari ketika buah-buahan keluar masuk pasar untuk pengiriman dan jelas tempat ini merupakan tempat terbaik bagi koki seperti Lau untuk menemukan inspirasi masakannya.

Berbicara tentang inspirasi, para koki juga menemukan inspirasi dari makanan yang mereka makan. Setelah perjalanan ke pasar, Koki Vicky membawa kita dan Debbie ke tempat favoritnya untuk membeli nasi yang dimasak dengan pot gerabah (clay pot), dan restoran ini adalah restoran yang selalu dia rekomendasikan ke teman-teman yang berkunjung ke Hong Kong.

Terletak di Temple Street, restoran Hing Kee Claypot Rice memiliki lebih dari 60 variasi hidangan dengan cita rasa khas penuh kehangatan selama lebih dari 40 tahun. Anda akan mempelajari sedikit tentang masakan rumahan dari pandangan Koki Vicky dan Debbie sebelum disuguhi dengan keahlian Koki Vicky di Tate Dining Room.

Setiap koki memiliki rahasia mereka sendiri untuk membuat hidangan terbaik mereka. Menggunakan bahan-bahan istimewa yang tersedia dari pasar lokal hingga pisau yang dibuat oleh pengrajin paling berbakat, perjalanan hidangan yang disajikan untuk seseorang dimulai dari perencanaan konsep di kepala para koki hingga kemudian disajikan dalam piring di atas meja Anda merupakan perjalanan yang panjang dan terasa hangat.

Cari tahu lebih lanjut hidangan Koki Vicky dan pelajari lebih banyak lagi tentang Yau Ma Tei yang unik di HKTB dan serial baru Michelin “Hong Kong Chefs’ Playbook”, tayang perdana pada 21 September di @DiscoverHongKong dan @MichelinGuideWorldwide di Facebook, serta platform IG TV @highendmagazine.