Memiliki Kulit Kering, Apa Saja Yang Perlu Anda Perhatikan?

Beauty14 January 2021

By Rahayu Indah

Memiliki Kulit Kering, Apa Saja Yang Perlu Anda Perhatikan?

Memiliki kulit kering bisa menganggu penampilan Anda dan juga dapat beresiko terinfeksi dan terkena masalah kulit lainnya. Jadi apa saja yang perlu Anda perhatikan jika memiliki kulit kering?


Setiap manusia memiliki jenis kulit masing-masing, ada yang berminyak, kering, maupun kombinasi. Setiap jenis kulit memiliki cara perawatannya masing-masing, sehingga Anda perlu aware terhadap jenis kulit Anda dan tidak sembarangan dalam perawatannya.

Kulit kering seringkali dianggap sepele dibandingkan kulit berminyak yang rentan berjerawat. Padahal, memiliki kulit kering sama pentingnya untuk diperhatikan, karena beisiko terinfeki dan terkena masalah kulit lainnya.

Memiliki kulit kering adalah hal yang dirasa menyulitkan dalam perawatannya. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit kering, Anda akan merasakan kulit wajah Anda tampak lebih kusam, bahkan untuk wajah sendiri ketika sudah menggunakan make up sekali pun. Memang tidak bisa dipungkiri, mengurus kulit kering bukan hanya sekadar menggunakan krim atau perawatan dari luar saja namun ada beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan.

Kenali Kondisi Kulit Anda

Sebelum perawatannya, Anda perlu tahu bagaimana kondisi kulit Anda bisa menjadi kering. Bagi Anda yang terlalu sering mencuci muka, lebih baik Anda menguranginya karena akan menghilangkan minyak baik yang ada pada wajah Anda. Selain itu, sebaiknya Anda tidak perlu terlalu lama jika mandi menggunakan air hangat, karena seperti pada wajah, tubuh Anda memiliki minyak alami sebagai pelindung kelembaban.

Perbanyak Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Dalam perawatannya, Anda perlu memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Mungkin Anda sering mendengarkan dan tahu tentang hal ini. Seperti diketahui, sayur-sayuran dan buah-buahan merupakan elemen yang penting bagi tubuh. Tidak hanya penting bagi tubuh, tentunya akan memberikan nutrisi baik bagi kulit Anda.
Bukan hanya sayur-sayuran atau pun buah-buahan, Anda juga perlu untuk lebih sering mengkonsumsi air putih. Tujuan dari air putih sangat bermanfaat bagi kulit agar terhidrasi dengan baik.

Gunakan Skin Care yang Tepat

Jika Anda memiliki kulit kering dan sedang menggunakan pelembab dengan bahan dasar minyak, sebaiknya Anda boleh berpaling selain produk berbahan dasar minyak. Alangkah lebih baik jika Anda menggunakan pelembab dengan asam laknat karena kandungan asamnya akan menghilangkan lapisan kulit mati. Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti lidah buaya. Lidah buaya meruapakan tanaman yang memiliki kandungan nutrisi yang mampu melawan sengatan matahari dari kulit kering. Pada bagian wajah, Anda dapat mengoleskan tabir surya (sunscreen). Gunakanlah tabir surya dengan broad spectrum dan sedikitnya 30 SPF.