Membangun Semangat Produktif Setelah Liburan Akhir Tahun

Wellness12 January 2021

By Rahayu Indah

Membangun Semangat Produktif Setelah Liburan Akhir Tahun

Kembali menjalankan aktivitas di tahun baru, Anda perlu kembali membangun semangat untuk produktif. Produktif akan membantu Anda untuk menggapai target-target Anda di tahun yang baru.


Akhir tahun adalah hari-hari dimana Anda mulai menikmati libur panjang atau mungkin mengambil cuti hingga menuju tahun baru. Bisa saja, Anda merasa bahwa waktu liburan Anda terasa kurang cukup dan membuat Anda sulit membangun semangat untuk kembali menjalankan aktivitas dan rutinitas. Bagi beberapa orang, libur panjang di akhir tahun memberikan kesempatan untuk melakukan banyak planning yang menyenangkan, seperti liburan bersama keluarga, bertemu teman-teman, atau me-time dengan cara masing-masing.

Diawal tahun 2021 bisa diketahui bahwa pandemi masih belum berakhir, namun Anda mungkin tetap memiliki kewajiban-kewajiban lainnya, seperti bekerja, sekolah, atau pun kepentingan lainnya. Dalam menghadapi tahun 2021 Anda perlu membangun semangat untuk kembali produktif dan fokus dalam mencapai target di tahun 2021. Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk kembali produktif menjalani rutinitas:

1. Mulailah Kembali Berolahraga

Selama liburan akhir tahun, mungkin Anda sudah lama tidak berolahraga, karena terlalu menikmati masa-masa liburan. Tidak bisa dipungkiri juga, pada liburan tahun baru biasanya kita bisa saja mengkonsumsi berbagai makanan tanpa memperhatikan kandungan gizi yang mungkin saja berlebihan. Maka dari itu, mulailah kembali berolahraga, dengan berolahraga tidak hanya otot-otot yang terlatih, melainkan sirkulasi darah dan oksegen dalam tubuh menjadi lancar. Dengan begitu, metabolisme dalam tubuh akan menjadi optimal, dan tentunya meningkatkan konsentrasi dan semangat dalam menjalankan aktivitas.

2. Menyusun Rencana Kerja

Menyusun rencana kerja adalah langkah yang baik untuk kembali melakukan aktivitas yang cukup lama terhenti. Jika selama ini Anda belum pernah menyusun rencana kerja, di tahun yang baru bisa menjadi awal yang tepat untuk Anda mencobanya. Dengan Anda mulai menyusun rencana kerja, Anda bisa mendapatkan gambaran pekerjaan yang perlu diprioritaskan, pekerjaan Anda akan lebih terorganisir dengan baik. Selain itu, Anda dapat menentukan waktu-waktu untuk beristirahat maupun bekerja, sehingga Anda tidak lupa untuk memperhatikan diri Anda sendiri.

3. Menjaga Pola Makan

Pada saat liburan akhir tahun, mungkin Anda kurang menjaga pola makan. Memulai tahun 2021 sudah saatnya Anda kembali menjaga pola makan dan memperhatikan kandungan gizi yang akan Anda konsumsi. Mengatur pola makan tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda khususnya masih dalam situasi pandemi seperti ini. Mengatur pola makan akan memberikan dampak bagi imun Anda. Selain itu dengan Anda mengatur asupan nutrisi tertentu yang tepat untuk dikonsumsi dapat menjadi keuntungan bagi berat badan Anda yang ideal dan tetap sehat.