Share
Membanggakan! Indonesia Raih Emas Pertama di Paralimpiade Paris 2024 Cabor Badminton
Dewi Anggriani Siregar
03 September 2024

Indonesia akhirnya berhasil membawa pulang medali emas pertama di Paralimpiade Paris 2024, sebuah pencapaian yang telah lama dinantikan.


Medali emas ini diperoleh dari cabang para bulutangkis, tepatnya di nomor ganda campuran klasifikasi SL3-SU5. Pada partai final yang digelar di Porte de la Chapelle Arena, Paris, Senin (2/9/2024) siang WIB, dua pasangan wakil Indonesia saling berhadapan, menjamin posisi medali emas dan perak bagi Tanah Air.

Final tersebut mempertemukan pasangan Hikmat Ramdani dan Leani Ratri Oktila dengan Fredy Setiawan dan Khalimatus Sadiyah. Pertandingan ini berlangsung penuh emosi, terutama bagi para atlet yang berlaga. Leani Ratri Oktila tak kuasa menahan air mata setelah memastikan kemenangan dengan dua set langsung, 21-16 dan 21-15. Meskipun bahagia dengan medali emas yang diraih, Leani juga merasa sedih karena harus menghalangi Fredy dan Khalimatus dari medali emas.

Pada Paralimpiade 2020, Leani Ratri bersama Khalimatus berhasil meraih medali emas di nomor ganda putri SL3-SU5. Namun, di Paralimpiade 2024, nomor tersebut tidak dipertandingkan, sehingga Leani dan Hikmat fokus di nomor ganda campuran.

Secara keseluruhan, cabang para bulutangkis di Paralimpiade Paris 2024 berhasil menyumbangkan 8 medali untuk Indonesia. Medali perunggu diraih oleh pasangan Subhan dan Rina di nomor ganda campuran SH6, Deva Anrimusthi di nomor ganda putra SU5, serta Fredi Setiawan di nomor tunggal putra SL4.