Share
Memahami Silent Treatment, Ancaman Tersembunyi dalam Setiap Hubungan
Dewi Anggriani Siregar
02 July 2024

Dalam suatu hubungan, komunikasi menjadi salah satu kunci utama. Untuk membangun hubungan yang sehat, penting untuk menghindari penggunaan silent treatment dan menggantinya dengan komunikasi terbuka dan jujur dalam menangani masalah. Lantas, apa itu silent treatment?


Silent treatment merupakan salah satu istilah yang belakangan ini tentu sudah tidak asing di telinga Anda. Silent treatment adalah perilaku di mana seseorang sengaja mengabaikan atau tidak berbicara dengan orang lain sebagai bentuk hukuman atau manipulasi. Hal tersebut tentu dapat merusak hubungan interpersonal serta menyebabkan berbagai macam perasaan negatif seperti perasaan kesepian, penolakan, dan kebingungan pada yang diabaikan. Ini juga bisa meningkatkan stres, kecemasan, dan depresi, serta merusak komunikasi yang sehat dalam hubungan.

SILENT TREATMENT

Silent treatment dapat merusak komunikasi yang sehat, mempersulit penyelesaian masalah, dan memperburuk konflik yang ada. Ini juga meningkatkan kesengsaraan emosional pada yang diabaikan, mempengaruhi kesehatan mental mereka dan memperburuk keintiman dalam hubungan Anda. Penggunaan terus-menerus dari silent treatment dapat menghancurkan kepercayaan dan mengurangi kualitas hidup bersama dalam berbagai jenis hubungan.

Orang mungkin menggunakan silent treatment untuk menghindari konfrontasi langsung, memanipulasi orang lain, atau mengekspresikan kemarahan secara tidak langsung. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kondisi ini, antara lain:

  1. Kesadaran Diri: Sadari jika Anda atau pasangan Anda menggunakan silent treatment dan refleksikan dampaknya.
  2. Komunikasi Terbuka: Dorong komunikasi yang jujur dan terbuka untuk menangani masalah yang ada.
  3. Tetapkan Batasan: Bicarakan bahwa silent treatment tidak dapat diterima dalam hubungan.
  4. Bantuan Profesional: Pertimbangkan untuk mencari bantuan dari konselor atau terapis jika silent treatment menjadi pola yang terus berulang.

Silent treatment adalah pola komunikasi yang merugikan dan sebisa mungkin harus Anda hindari. Karena itu, mengubahnya adalah langkah penting untuk membangun hubungan yang lebih sehat dan harmonis.