Share
Melalui Beauty with A Purpose, Miss Indonesia 2022 Audrey Vanessa Optimis Ciptakan Perubahan
Dewi Anggriani Siregar
28 October 2022

Audrey Vanessa percaya bahwa "Miss Indonesia" lebih dari sekadar gelar, melainkan sebuah dedikasi yang besar untuk membuat perubahan sekecil apa pun itu bagi banyak orang dengan cinta yang besar.


Audrey Vanessa, wanita berusia 22 tahun ini berhasil menyisihkan 36 kontestan lain yang berasal dari 36 provinsi di Indonesia pada ajang Miss Indonesia 2022. Sukses memenangkan ajang Miss Indonesia 2022, Audrey Vanessa siap mewakili Indonesia di ajang Miss World 2022 mendatang.

Wanita kelahiran Manado, 23 Desember 1999 ini tidak hanya memiliki paras cantik dan wawasan yang luas, ia juga memiliki segudang prestasi cemerlang di bidang akademik. Ia pernah menjadi juara 1 Nona Manado, Sulawesi Utara 2022, Miss Sulawesi Utara 2022, dan juga merupakan peraih beasiswa penuh dari Monash University 'Monash International Leadership Scholarship' Tidak hanya itu, Audrey Vanessa juga pernah menjadi salah satu siswa Kristen berpretasi di Sulawesi Utara.

Audrey juga merupakan lulusan dari Monash University Australia dengan gelar Bachelor of Commerce ganda jurusan Keuangan & Akuntansi. Saat ini ia juga sedang menempuh semester terakhir untuk gelar masternya pada jurusan Perbankan dan Keuangan di Monash University.

Dianugerahi beragam talenta sejak ia kecil, Audrey Vanessa memiliki hobi bermain alat musik seperti piano, biola, gitar. Tidak hanya itu, Audrey Vanessa juga pandai memainkan alat musik tradisional dari Sulawesi utara yakni, Kolintang. Selain gemar memainkan alat musik, Audrey Vanessa juga menyukai beberapa cabang olahraga seperti bulu tangkis dan basket. Baru-baru ini ia bahkan tertarik dan sedang mempelajari olahraga diving karena baginya itu sangat menyenangkan.

Sebagai representasi dari wanita Indonesia, Audrey Vanessa memiliki motivasi utama yang membawanya ke ajang Miss Indonesia 2022. “Motivasi utama saya adalah karena saya yakin bahwa apa yang saya raih saat ini lebih dari sekadar gelar. Saya percaya ada tujuan yang lebih besar di balik ini semua, seperti jawaban saya saat malam final, saya memiliki beauty with a purpose yakni membantu anak-anak. Fokus utama saya adalah terhadap bidang pendidikan dan perkembangan mereka dari muda hingga dewasa. Saya percaya bahwa dengan dua hal ini kita akan bisa membantu banyak orang, dan itu merupakan salah satu tujuan serta motivasi terbesar saya saat ini.” ungkapnya.

Menyandang gelar baru sebagai Miss Indonesia 2022 tentu bukanlah suatu tanggung jawab mudah, sementara itu Audrey sendiri mengaku merasakan banyak perubahan besar yang terjadi dalam diri dan kehidupannya. “Miss Indonesa 2022 benar-benar mengubah hidup saya dan saya hanya bisa menunggu yang ada di masa depan untuk saya, saya tahu semua tantangan baru, pekerjaan baru, hal-hal baru yang menarik untuk saya lakukan dan saya tidak sabar untuk itu.” ucapnya.

Sementara untuk ajang Miss World, Audrey mengaku telah mempersiapkan banyak hal untuk mewakili Indonesia dalam ajang kontes kecantikan bergengsi dunia tersebut, salah satunya adalah dengan mengikuti seminar dan pelatihan yang dilakukan oleh Star Media Nusantara dan Star Harvest Akademi. Ia juga mengaku tidak sabar untuk segera mengikuti pelatihan-pelatihan tersebut.

Bicara tentang pencapaian yang telah ia raih, Audrey mengungkapkan bahwa orang tua merupakan role model dan support system terbesar baginya. “Sampai hari ini role model saya adalah kedua orang tua saya, mereka orang yang selalu memberi dan mengajarkan saya nilai-nilai dalam hidup. Mereka adalah alasan mengapa saya ada di sini hari ini.” tuturnya.

Selain kedua orang tua, Audrey juga memiliki panutan yang perkataannya selalu ia pegang teguh. Kalimat tersebut merupakan motto hidupnya yang selalu ia pegang teguh yakni perkataan yang dikutip dari Bunda Teresa, "Tidak semua orang bisa melakukan sesuatu tapi semua orang bisa melakukan hal-hal kecil dengan cinta yang besar." kalimat tersebut juga ia sampaikan sebagai jawaban ketikan malam puncak Miss Indonesia 2022.

Audrey Vanessa juga memiliki harapan dan pesan yang besar kepada seluruh wanita Indonesia untuk selalu berusaha mengoptimalkan segala potensi yang dimiliki serta tidak ragu-ragu untuk mewujudkan mimpi mereka.

“Untuk seluruh wanita Indonesia kalian hebat. Kalian cantik apa adanya, karena kecantikan sejati tidak selalu tentang penampilan luar, kecantikan adalah tentang bagaimana kami bisa mengoptimalkan potensi penuh sehingga kamu memiliki mimpi yang tinggi. Jika Anda bisa memimpikannya, maka Anda juga tentu bisa mewujudkannya.” tutupnya.