Megahnya Avanguardia, Megayacht Seharga 500 Juta Dolar yang Terinspirasi Anime

Design24 November 2020

By Annisa Laksmintari

Megahnya Avanguardia, Megayacht Seharga 500 Juta Dolar yang Terinspirasi Anime

Lazzarini Design Studio mengungkapkan disain untuk Avanguardia, sebuah konsep untuk megayacht berbentuk seperti angsa dengan bagian kepala dan leher yang bisa digerakkan dan bongkarpasang. Uniknya, inspirasi dari yacht mewah ini berasal dari sebuah anime Jepang.


Avanguardia, yang dalam Bahasa Italia berarti avant-garde, merupakan nama yang sesuai untuk yacht mewah berbentuk unik dengan control tower berbentuk kepala angsa.

Menurut studio disain ala Roma ini, konsep untuk megayacht ini diinspirasi oleh beberapa serial anime asal Jepang dari tahun 1970 dan 1980an yang menggambarkan kepala robot sebagai pusat komando. Lebih spesifiknya untuk disain Avanguardia ini, inspirasinya diangkat dari anime berjudul ‘Casshan’, sebuah series tentang sebuah karakter robot angsa yang berpura-pura menjadi seorang wanita.

Yacht sepanjang 137 meter ini memiliki disain yang sangat canggih dan fleksibel. ‘Kepala’ yacht dapat dilepaskan dari ‘leher’ dan diubah menjadi kapal terpisah sepanjang 16 meter. Deck bagian belakang yacht merupakan dermaga pribadi untuk dua kapsul jet. Secara keseluruhan, Avanguardia dibagi menjadi 5 deck dan memiliki kapasitas untuk 60 orang. Terdapat akomodasi untuk 24 penumpang, 12 staf dan 10 kru. Avanguardia juga didesain sebagai tempat menyimpan helicopter dan dilengkapi dengan 2 hangar helicopter.

Walaupun Avanguardia masih berupa konsep untuk saat ini, namun Lazzarini Design Studio telah mengestimasi biaya produksinya yaitu sebesar 500 juta dolar AS atau setara dengan 7 triliun rupiah bagi yang ingin memproduksi yacht mewah ini.