Matthew Williams Memulai Debut Givenchy dengan Koleksi Spring/Summer 2021 di Paris Fashion Week

Fashion06 October 2020

By Rizka Putri Sonia

Matthew Williams Memulai Debut Givenchy dengan Koleksi Spring/Summer 2021 di Paris Fashion Week

Direktur baru Givenchy Matthew Williams merilis koleksi pertamanya untuk musim semi dan musim panas 2021 pada Paris Fashion Week.


Minggu, 4 Oktober 2020 menjadi waktu yang ditunggu-tunggu bagi para penggemar desainer muda Matthew Williams yang memulai debutnya sebagai direktur kreatif baru untuk brand barang mewah Givenchy.

Acara perilisan yang digelar secara online itu menampilkan koleksi rancangan Matthew Williams untuk musim panas dan musim semi 2021 pada Paris Fashion Week.

Sosok yang menjabat direktur kreatif Givenchy sejak Juni 2020 lalu ini membuat hardware menjadi fokus utamanya untuk koleksi musim semi dan musim panas 2021. Sudah lagi bukan rahasia umum bahwa pria 34 tahun ini sangat senang membuat koleksi hardware.

Detail tersebut yang kemudian menyatukan koleksi wanita dan pria pada Givenchy sebagai hubungan simbolis antara utilitas, kemewahan, dan tempat yang menjadi merk ini bermula, yaitu Paris.

“Pria dan wanita harus memiliki kekuatan serta secara natural, setara dan menyenangkan, yang akan menjadi pancaran mengenai siapa mereka sebenarnya. Ini adalah tentang menemukan kemanusiaan dalam kemewahan,” ujar Matthew Williams.

Salah satu koleksi perhiasan yang dirancangnya dalam koleksi tersebut diinspirasi oleh gembok cinta yang kerap didatangi oleh pasangan dan turis di Sungai Seine, Paris. Namun, William mengaku ia tak banyak menggunakan inspirasi dalam setiap rancangan busana yang ia buat. William lebih memilih untuk fokus kepada produk dan mendesain sebagaimana ia ingin menggunakan pakaian tersebut untuknya.

“Saya bukan orang yang mendesain dengan tema. Saya lebih berfokus pada produk. Kebanyakan adalah sesuatu yang kudesain sebagaimana ingin kugunakan secara personal,” katanya.

Pilihan tersebut nampaknya cukup berhasil ketika melihat ketepatan desain yang jelas dibuat untuk langsung didambakan para pecinta fesyen. Mungkin sedikit mengejutkan ketika melihat tidak adanya logo yang di-highlight dalam setiap rancangan yang dibuat William dalam koleksi ini, sebagaimana yang kerap dilakukannya saat di Alyx.

Untuk menggantikannya, desainer muda tersebut memilih untuk memfokuskan hardware ketimbang memberi spotlight pada logo merk dalam desainnya. Visi William untuk Givenchy adalah menampilkan kesan elegan, kuat, dan indah.