Share
Mata Panda Merusak Penampilanmu? Simak Tips Cara Menyamarkannya
Irma Luthfiya
18 February 2022

Mata Panda atau biasa kita kenal dengan sebutan Eye Bags bisa merusak penampilanmu jika dibiarkan begitu saya. Yuk, samarkan mata panda dengan beberapa cara dibawah ini.


Mata panda atau lingkaran hitam pada bawah mata merupakan masalah kesehatan yang tidak begitu serius. Terdiri dari beberapa penyebab yakni, pola tidur yang buruk, faktor genetik, kurang zat besi, dehidrasi, hiperpigmentasi, penuaan, dan lain-lain.

Memang pada dasarnya mata panda bukanlah masalah yang serius namun jika dibiarkan bisa mempengaruhi penampilan Anda. Mata panda dapat membuat penampilan Anda terlihat lusuh dan lebih tua. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi mata panda:

1. Tempelkan Kompres Dingin pada Mata

Kompres dingin jika digunakan pada mata dapat menyempitkan pembuluh darah yang membesar dibawah mata. Jika sering dilakukan, hal ini dapat membantu menyamarkan lingkaran hitam pada bawah mata.

Bagi Anda yang tidak memiliki kompres dingin, alternatif yang bisa dilakukan adalah menggunakan es batu yang dibalut oleh handuk kecil bersih atau handuk kecil bersih dengan perasan air dingin dan diamkan pada bagian mata selama kurang lebih 20 menit.

2. Tempelkan Kantong Teh Celup pada Mata

Ini merupakan salah satu cara alami yang bisa Anda gunakan untuk menyamarkan mata panda. Kandungan kafein dalam teh memiliki sifat antioksidan yang dapat merangsang sirkulasi darah di sekitar mata.

Hal ini bisa Anda lakukan dengan merebus atau memasukan dua kantong teh celup ke air panas atau air mendidih dan diamkan selama lima menit. Setelah itu bisa Anda tunggu 15-20 menit sampai kantong teh mulai dingin atau letakan di kulkas untuk memberikan sensasi dingin sebelum Anda letakan pada mata selama 10-15 menit dan bilas dengan air dingin.

3. Gunakan Timun

Mungkin cara ini sudah sering Anda temui baik melalui tayangan televisi atau dalam kehidupan sehari-hari. Ini merupakan salah satu cara yang paling praktis hanya dengan mengiris timun dan meletakkannya pada area mata kurang lebih 15 menit.

Timun memiliki kandungan Vitamin C dan tinggi air serta sensasi dinginnya yang dapat membantu melembabkan kulit. Selain itu, kandungan silikanya dapat menjaga jaringan kulit tetap sehat.

4. Memperbaiki Pola Makan

Banyak mengkonsumsi makanan asin dapat menahan air dan menyebabkan pembengkakan. Untuk itu perlu sekali untuk Anda memperhatikan pola makan yang sehat. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan Vitamin C dan Zat Besi. Bagi Anda yang rutin mengkonsumsi alkohol pun sebaiknya dapat dikurangi dan memperbanyak minum air putih.

5. Memperbaiki Pola Tidur

Begadang menjadi salah satu penyebab utama dari timbulnya mata panda. Cobalah untuk memperbaiki pola tidur Anda dengan tidur lebih cepat dan tidur selama 8-9 jam per harinya. Jika anda berhasil menerapkan pola tidur yang baik, dampaknya tidak hanya menyamarkan mata panda, namun terhadap kesehatan Anda secara keseluruhan.

Tidak hanya waktu tidur, posisi tidur pun bisa menjadi salah satu hal yang Anda perhatikan. Tidurlah dengan posisi bantal tidak terlalu tinggi, karena hal itu dapat menyebabkan cairan mata menggenang pada bagian bawah mata dan menyebabkan mata bengkak.

6. Lakukan Perawatan

Langkah lainnya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan perawatan. Banyak jenis perawatan yang bisa dilakukan untuk membantu menyamarkan mata panda. Bisa dengan rutin menggunakan sunscreen, menggunakan eye cream, bahkan melakukan perawatan ke dokter dan mendapatkan perawatan medis lainnya.