Masker Lady Gaga Jadi Juara MTV VMAs 2020 yang Sesungguhnya

Art & Culture01 September 2020

By Larasati Oetomo

Masker Lady Gaga Jadi Juara MTV VMAs 2020 yang Sesungguhnya

Pada malam penghargaan MTV VMAs 2020 hari Minggu lalu waktu setempat (30/8), Lady Gaga memborong 5 piala sebagai juara utama.


Diketahui bahwa penyanyi berkebangsaan Amerika ini memenangkan 5 dari total 10 nominasi pada malam penganugerahan tersebut. Lady Gaga memenangkan kategori sinematografi, kolaborasi, dan lagu terbaik untuk lagu “Rain On Me” yang dirilis bersama dengan Ariana Grande. Ia juga memenangkan penghargaan prestisiun Artist of The Year dan Tricon Award pada malam itu.

Dominasi Gaga memang bukan tanpa alasan. Penampilan live-nya bersama Ariana Granda dalam membawakan lagu “Rain On Me” memang bombastis. Medley Chromatica-nya juga jauh dari kata biasa saja.

Kedua fakta di atas pun masih belum cukup untuk menggambarkan mengapa Lady Gaga benar-benar memenangkan malam itu. Meskipun Ariana Grande dan BTS sama-sama memenangkan total 4 kategori, sementara performer lain seperti Miley Cyrus, Doja Cat, dan The Weeknd juga tampil dengan konsep yang tak kalah keren, Lady Gaga tetap jadi buah bibir utama hingga kini.

Alasannya? Tentu karena masker yang ia kenakan.

Lady Gaga mengenakan total 7 masker wajah pada malam itu, di mana 4 di antaranya ia kenakan ketika menerima penghargaan. Masker yang ia kenakan pun bukan main-main—mulai dari masker bertanduk hingga masker dengan lampu berkerlip.

Terkait masker-masker tersebut, Gaga menyebutkan bahwa ia mengenakannya sebagai tanda rasa hormat, “saya mungkin terdengar seperti rekaman rusak sekarang, tapi tolong kenakanlah masker. Itu merupakan tanda rasa hormat.” Lebih dari menunjukkan sebuah kesadaran akan pentingnya pencegahan penyakit di era pandemi, Gaga menciptakan sebuah fashion statement yang tak terlupakan.

Ketika beberapa penyanyi memilih untuk menerima penghargaan dari jarak jauh, Lady Gaga hadir, menerima penghargaannya sendiri, menampilkan lagu terbaiknya, menjadikannya momen karpet merah tak terlupakan, dan tetap menunjukkan sensitivitasnya akan pentingnya mengenakan masker.

Salah satu masker yang ia kenakan merupakan masker dari Maison Met buah karya desainer Indonesia Mety Choa yang dipadukan dengan gaun jubah berbulu dari Valentino couture. Ia juga mengenakan masker milik Diana Couture di luar panggung saat berpose dengan Ariana Granda.

Pada kesempatan lain, ia dengan apik memadukan gaun Iris Van Herpen dengan masker Cecilio Castrillo berwarna pink. Ia juga tampil dengan gaun hijau berkilap oleh Christopher John Rogers dengan masker bertanduk dari Lance V. Moore yang terlihat garang.

Seakan itu semua belum cukup, ia juga tampil mengenakan masker berteknologi sensor lampu LED dari Diego Montoya and Smooth Technology saat tampil di atas panggung.
Bahkan, ia dan Ariana Grande tetap saling menjaga jarak dan sama-sama mengenakan masker saat duet menyanyikan lagu “Rain On Me”.

Lady Gaga boleh jadi membuka jalan “masktivisme” dalam acara-acara Hollywood di masa mendatang dengan usahanya kali ini.