Share
Marc Jacobs Dedikasikan Fashion Show dan Koleksinya untuk Vivienne Westwood
Jasmine Ayunda
10 February 2023

Fashion Designer Marc Jacobs menganggap beberapa tokoh dalam industri fashion sebagai pahlawan-pahlawannya. Mulai dari Yves Saint Laurent, Rei Kawakubo, Miuccia Prada, dan “Godmother of Punk” Vivienne Westwood yang menjadi sumber inspirasi koleksi musim semi terbarunya.


Pada bulan Desember lalu, Vivienne Westwood tutup usia pada umur 81 tahun. Pada hari itu pun menjadi salah satu hari yang berat untuk Marc Jacobs karena Vivienne adalah salah satu designer yang dianggap sebagai inspirasi dalam hal personal maupun sebagai sesama fashion designer. Maka dari itu, bertepatan dengan New York Fashion Week, Jacobs membuat koleksi tersebut sebagai penghormatan untuk Westwood dan menamakan koleksinya ‘Heroes’.

Sangat terlihat di dalam koleksi tersebut, siluet romantis yang sangat khas ala Westwood yang ia dapatkan dari old master paintings, dengan hiruk-pikuk dan bustier-nya, berbubuh sentuhan gaya militer, dan keberadaan kantong kargo. Jacobs menciptakan kembali volume khasnya dengan mengubah kemeja menjadi rok dan mengikat lengan bajunya di belakang, atau dengan mendandani model dengan jaket terbalik, hem yang membingkai wajah model secara dramatis. Beberapa model berjalan melewatinya dengan tangan bersilang, menunjukkan keberanian Westwood yang menantang.

Mantel garis panjang dengan tambal sulam geometris dari selimut ala Westwood, yang gaya DIY mereka selaras dengan etos punk Westwood. Desain Jacobs terlihat sederhana di atas runway, akan tetapi bahan dan pekerjaan tangan yang luar biasa membuat koleksi ini menjadi lebih istimewa.