Share
Mangkunegaran Art Garden, Kolaborasi Tumurun Museum dan Pracima Tuin Mangkunegaran
Dewi Anggriani Siregar
02 July 2024

Museum Tumurun resmi dibuka pada tahun 2018, di bawah kepemimpinan Bapak Iwan Kurniawan Lukminto. Sebagai pecinta seni, Museum Tumurun didirikan dengan harapan dapat berbagi kecintaannya pada seni dengan masyarakat, yang sangat percaya akan pentingnya pendidikan seni.


Museum Tumurun Solo, Indonesia adalah tonggak dalam mendukung pendidikan seni, yang memiliki koleksi karya seni yang luas mulai dari maestro berpengalaman hingga seniman muda. Terletak di jantung kota Surakarta, Museum Tumurun hadir di tengah masyarakat untuk mempromosikan aksesibilitas yang mudah untuk semua orang dari semua lapisan masyarakat. Dimana tampaknya layar digital mengambil alih kehidupan kita, Museum Tumurun hadir di tengah kita mendorong para pengunjung untuk melihat karya seni dalam bentuk fisik, menyegarkan gagasan, mengalami seni melalui mata kita sendiri.

PRACIMA

‘Tumurun’ berasal dari ungkapan “turun temurun” yang berarti mewariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Bertindak sebagai lensa warisan budaya dan lanskap seni Indonesia yang dinamis, bertujuan untuk mengembangkan dan memajukan pendi- dikan seni di Solo dan sekitarnya, menciptakan diskusi antara seni Indonesia dan internasional, serta menjembatani kesenjangan antara generasi yang berbeda.

PRACIMA

Museum Tumurun menyelenggarakan pameran khusus dua kali setahun, menampilkan karya seniman dari seluruh dunia. Pameran-pameran ini bertujuan untuk menjaga museum tetap menarik dan progresif, memastikan perspektif baru tentang komunitas seni, sekaligus memberikan landasan bagi para seniman dan pengunjung untuk memulai atau melanjutkan perjalanan mereka di dunia seni. Museum Tumurun melambangkan gagasan untuk beradaptasi dengan dunia yang terus berubah, sangat percaya dengan harapan sebagai jendela wawasan yang ramah bagi semua orang yang ingin belajar lebih banyak tentang dunia seni.

PRACIMA

Pracima Tuin adalah tempat wisata di kota Solo yang menawarkan pengalaman makan dengan suasana ala kerajaan Jawa, khususnya budaya di Puro Mangkunegaran Solo. Meski tempat wisata, namun tidak sembarangan pengunjung bisa masuk ke Pracima Tuin yang masih berada di lingkup Puro Mangkunegaran.

PRACIMA

PRACIMA

Pracima Tuin terdiri dari dua bagian utama, yaitu restoran Pracimasana dan taman yang di dalamnya memuat air mancur, tanaman, kolam, dan sebagainya. Pengunjung yang berkunjung ke Pracima Tuin dapat menikmati dua bagian ini sekaligus. Suasana, arsitektur, hingga menu makanannya disesuaikan dengan Puro Mangkunegaran. Seluruh makanan yang disajikan di Pracimasana pun telah dicoba dan mendapat persetujuan langsung dari KGPAA Mangkunegoro X.