Bukan Sekadar Olahraga “Keras”, Ini Manfaat Penting Olahraga Boxing

Wellness01 July 2020

By Larasati Oetomo

Bukan Sekadar Olahraga “Keras”, Ini Manfaat Penting Olahraga Boxing

Boxing terkenal dengan kekerasan dan yang lebih parah, cedera permanen. Beberapa juga menyebutnya dengan “luck sport”, di mana Anda tidak perlu skill namun hanya keberuntungan.


Dengan alasan di atas dan beberapa faktor lain, orang-orang tidak menganggap boxing sebagai olahraga yang ramah fisik. Namun, boxing bukan hanya sekadar olahraga keras. Berikut alasan mengapa boxing dapat memberikan manfaat baik bagi fisik dan psikis Anda:

#1 Menjaga Stabilitas Tubuh

Bentuk kesalahpahaman paling populer soal boxing adalah “boxing tidak membutuhkan teknik sedikitpun”. Sebaliknya, boxing sangat membutuhkan teknik. Sebab olahraga ini mengadu dua boxers dengan berat badan yang sama, boxers harus selalu mengeksekusi gerakan yang tepat jika ingin memiliki kesempatan melawan.

#2 Perlindungan Diri

Olahraga ini pasti akan membantu meningkatkan daya perlindungan diri di tempat umum; hal yang seharusnya dikuasai oleh setiap orang terlepas dari gender dan usianya.

#3 Meningkatkan Refleks

Mayoritas dari gerakan boxing terdiri dari gerakan yang cepat dan tepat. Oleh sebab itu, boxers harus selalu sadar akan apa yang dilakukan oleh lawan. Kebiasaan ini dapat melatih refleks dan menjaga kewaspadaan akan lingkungan sekitar, bahkan ketika tidak berada di dalam ring.

#4 Melepas Stress dan Agresi

Setiap orang memiliki energi agresif yang terpendam dan harus dilepaskan dengan cara apapun. Boxing adalah cara yang sehat untuk menyalurkan energi agresif atau rasa stres yang dirasakan sehari-hari. Tidak hanya baik untuk menjaga bentuk tubuh, boxing juga memberikan sarana untuk menjaga kesehatan psikologis.