Share
Manfaat Minum Air Putih Di Pagi Hari Setelah Bangun Tidur
Venisa Ruth
14 October 2021

Salah satu kebiasaan setelah bangun tidur yang banyak dianjurkan adalah minum air putih.


Kebiasaan sederhana ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Mau tahu apa saja manfaat minum air putih setelah bangun tidur? Simak penjelasan berikut ini.

1. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Salah satu manfaat minum air putih setelah bangun tidur adalah membantu mengeluarkan racun sisa metabolisme di malam hari dari dalam tubuh. Racun tersebut nantinya akan dikeluarkan melalui urine.

2. Mengendalikan keinginan makan

Setelah bangun tidur, Anda mungkin sering merasa lapar. Hal ini wajar, karena lambung Anda berada dalam keadaan kosong sepanjang malam. Meski begitu, rasa lapar ini dapat mendorong Anda untuk makan terlalu banyak saat sarapan. Nah, konsumsi air putih setelah bangun tidur dapat membantu Anda mengendalikan keinginan untuk makan berlebihan. Ini karena minum air putih bisa mengisi lambung dan meregang dinding lambung, sehingga memberikan efek kenyang.

3. Meningkatkan produktivitas

Minum air putih setelah bangun tidur dapat meningkatkan energi dan membuat tubuh terasa segar. Dengan begitu, Anda bisa lebih produktif. Namun ingat, Anda juga perlu asupan kalori sebagai sumber tenaga, dengan mengonsumsi makanan yang bergizi saat sarapan. Selain itu, agar tubuh tetap segar sepanjang hari, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas sehari. Bila tubuh terhidrasi dengan baik, Anda dapat lebih fokus dan lebih mudah berkonsentrasi, sehingga produktivitas kerja Anda juga akan meningkat.

4. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

Minum air putih setelah bangun tidur dapat membantu menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi dengan baik. Bahkan, kebiasaan ini diyakini dapat mencegah munculnya jerawat dan menjaga kulit tetap lembab.

Awali hari Anda dengan minum air putih setelah bangun tidur dengan kandungan mineral sebagai kebiasaan sederhana yang sangat mudah dilakukan, namun memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.