Manfaat Lari Pagi yang Baik untuk Kebugaran serta Membantu Menurunkan Berat Badan
Clara Enocensia
23 November 2021

Manfaat lari pagi untuk diet dinilai dapat memengaruhi laju metabolisme sehingga membakar kalori dalam jumlah banyak.


Di pagi hari, saat udara masih segar dan ringan dari polusi adalah saat yang tepat untuk lari pagi untuk menjalani hari dengan lebih bersemangat. Apalagi lari menjadi salah satu olahraga yang banyak digemari dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Selain mudah dilakukan, lari pagi memiliki segudang manfaat. Baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Mari simak penjelasan lebih lanjut mengenai manfaat lain dari lari pagi.

1. Kualitas Tidur jadi Lebih Baik

Banyak studi yang menunjukkan bahwa lari pagi mampu meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Penelitian menemukan bahwa lari pagi berkontribusi lebih banyak untuk membuat tidur lebih nyenyak terutama bagi orang-orang yang mengalami insomnia atau kesulitan tidur. Dibanding olahraga di sore atau malam hari.

2. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan merupakan manfaat utama lari pagi untuk diet. Lari menjadi salah satu olahraga yang cukup berpengaruh dalam meningkatkan metabolisme, sehingga tubuh mampu membakar kalori lebih optimal. Tidak harus langsung lari dengan intensitas yang tinggi. Anda bisa mulai dengan joging santai selama 20 menit tapi dilakukan rutin supaya hasilnya lebih efektif.

3. Membangun kebiasaan baru yang menyehatkan

Menjalani diet seimbang sambil dibarengi dengan berolahraga merupakan cara sederhana untuk membangun kebiasaan hidup yang lebih sehat karena tubuh aktif bergerak.
Disamping itu, dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan umur panjang dan terhindar dari risiko penyakit kronis.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh
Olahraga pagi terkenal mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan memicu pertumbuhan sel-sel pertahanan tubuh. Hal itu berimbas pada pembentukan sel imun yang baik. Meningkatnya imun akan membantu tubuh dalam menangkal virus, bakteri, parasit, jamur, dan patogen berbahaya lain yang dapat membuat seseorang sakit. Oleh karena itu manfaat lari pagi setiap hari, baik untuk mencegah sakit dan tubuh lebih kuat.