Share
Malam Epik Bersama Ed Sheeran dalam Konser “+ - = ÷ x Tour 2024” di Jakarta
Trisha Aulia
04 March 2024

Setelah 5 tahun, Ed Sheeran kembali menyapa Indonesia dengan konsernya yang bertajuk + - = ÷ x Tour 2024. Konser ini berlangsung meriah dengan keseruan lagu hits-nya yang dibawakan nonstop, panggung 360 derajat, dan puluhan ribu penggemar, membuatnya konser yang tak terlupakan bagi semua, termasuk Ed Sheeran sendiri.


Ed Sheeran baru saja menggelar konser spektakulernya di Jakarta pada Sabtu (3/2) lalu. Menandai kembalinya sang musisi ke Indonesia sejak Divide World Tour pada 2019, konser yang merupakan bagian dari tur dunianya, “+ - = ÷ x” (Mathematics Tour), ini diadakan di Jakarta International Stadium (JIS) dan dihadiri oleh ribuan penggemar yang memadati stadium untuk menyaksikan aksi panggung sang idola.

Konser Ed Sheeran 2
© Mark Surridge

Konser dibuka dengan penampilan memukau penyanyi asal Inggris, Calum Scott. Lagu-lagunya yang emosional seperti “You Are The Reason” dan “Dancing On My Own” berhasil membius para penonton dan semakin memeriahkan suasana untuk aksi utama, yaitu penampilan utama Ed Sheeran.

Setelahnya, Ed Sheeran muncul dengan gitar khasnya. Berbeda dengan konsernya di tahun 2019, kali ini Ed Sheeran tampil dengan panggung 360 derajat yang memutar dan menjadi standar global untuk tur ini. Konsep ini memungkinkan penonton dari segala sisi stadion dapat melihat aksi panggung sang penyanyi asal Inggris tersebut dengan jelas. Seisi JIS sontak bergemuruh dengan sorakan para penggemar yang bersemangat menyambut kehadirannya.

Konser Ed Sheeran 1
© Mark Surridge

Konser Ed Sheeran berlangsung selama tiga jam dengan keseruan tanpa henti, di mana ia membawakan 29 lagu hits-nya yang sudah tidak asing lagi di telinga para penonton. Para penonton bersenang-senang, menari dan melompat sembari bernyanyi bersama Ed Sheeran saat ia membawakan lagu populernya mulai dari “Tides”, “Castle On The Hill”, “Galway Girls”, “Don’t”, “Sing”, “Beautiful People”, hingga “Shape Of You”.

Ed Sheeran juga membangkitkan suasana emosional di antara ribuan penonton dengan lagu-lagu lamanya seperti “The A Team”, “Give Me Love”, “Happier”, “Thinking Out Loud”, “Photograph”, dan “Perfect”. Menambah kejutan, Ed Sheeran juga turut membawakan lagu “Love Yourself” milik Justin Bieber, yang diketahui ditulis oleh Ed sendiri.

Konser Ed Sheeran 3
© Mark Surridge

Selain dihadiri oleh para penggemar Ed Sheeran dari berbagai penjuru Indonesia, konser ini juga diramaikan oleh kehadiran penggemarnya dari negara-negara tetangga yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia hanya untuk menyaksikan penampilan sang idola.

Dengan puluhan ribu penonton yang kompak bernyanyi dan bersorak bersama, Ed Sheeran memuji para penonton Jakarta sebagai penonton yang palik enerjik dan paling keras yang pernah dijumpainya selama tur dunianya.

“Aku belum pernah mengatakan ini di konser-konserku sebelumnya, tapi suara kalian benar-benar keras. Jakarta, kalian adalah penonton terkeras yang pernah aku jumpai,” puji sang penyanyi, terkesima dengan antusiasme penggemar Jakarta.

Ed Sheeran bahkan menyebut konser di Jakarta ini sebagai konser terbaiknya sejauh ini, mengatakan, “Jakarta, jujur, ini adalah konser terbaik tahun ini.”