Share
Makanan Khas Amerika Favorit Para Presiden Amerika Serikat
Adelia Ayu
11 November 2020

Tidak hanya terkenal dengan kebijakan pemerintahan dan politiknya, selera makan Presiden Amerika Serikat juga menjadi hal yang menarik di mata publik AS dan dunia.


Euforia pemilu AS yang masih terasa dan membuat seluruh mata tertuju ke negara adidaya tersebut. Terpilihnya pasangan Joe Biden dan Kamala Harris sebagai Presiden dan Wakil Presiden ke-46 menarik perhatian publik untuk lebih mengulik sisi pribadi dari sang pemimpin baru.

Tidak hanya keluarga dan kegiatan sosial presiden, makanan favoritnya pun menjadi sesuatu yang menarik untuk dibahas. Dari Classic American Breakfast hingga Fast Food, berikut makanan ikonik Amerika favorit presiden AS dari masa ke masa:

Southern-Styled Hoecakes (George Washington )

Presiden pertama AS adalah penyuka Classic American Breakfast. Berbeda dengan pancakes yang menggunakan tepung terigu dan disajikan dengan maple syrup, Hoecakes berbahan dasar cornmeal yang disajikan dengan butter dan madu. Resep Hoecakes sendiri berakar dari budaya Native American.

Apple Pie (Abraham Lincoln)

Meski berasal dari Inggris, makanan berbahan pastry ini telah menjadi makanan ikonik yang disukai warga AS, tidak terkecuali Presiden yang terkenal dengan kebijakan penghapusan perbudakkannya ini. Terkenal dengan kesukaannya terhadap buah apel, Lincoln sering meminta sang Istri, Mary Todd Lincoln untuk membuat makanan Apple Pie baik untuk acara resmi maupun kudapan sehari-hari.

Grilled Cheese Sandwich (Franklin D. Roosevelt)

Makanan sederhana satu ini dapat dimakan saat sarapan, makan siang maupun makan malam. Terdiri dari dua lembar roti sandwich berisi keju leleh, Grilled Cheese Sandwich dapat ditemui di Diner seluruh AS, bahkan White House saat Roosevelt menjabat. Menurut pengakuan staf, presiden ke-32 Amerika Serikat itu tidak pernah luput memasukan hidangan tersebut ke dalam menu sehari-harinya.

Creamy Clam Chowder (John F Kennedy)

Apabila Anda suka dengan sup krim jagung, tidak ada salahnya mencoba hidangan kesukaan presiden Kennedy ini. Semangkuk sup krim hangat berbahan dasar susu dengan daging kerang putih ini cocok dijadikan teman bersantap saat hujan. Berbeda dengan Clam Chowder pada umumnya, presiden yang namanya diabadikan sebagai nama bandara di New York ini menyukai penyajian ala Manhattahan dengan penambahan tomat di kaldunya.

Cheeseburger (Bill Clinton)

Dikenal sebagai ‘makanan sejuta umat’, Cheeseburger mudah ditemui di seluruh Amerika Serikat, bahkan di berbagai belahan dunia. Salah satu pecinta burger keju bercita rasa lezat ini adalah Presiden AS ke-42, Bill Clinton. Suami Hillary Clinton ini terkenal sebagai penggemar makanan cepat saji berisi daging sapi cincang dan melted Cheddar Cheese yang disajikan bersama french fries.

Cheeseburger Pizza (George W. Bush)

Bagi warga negara selain Amerika Serikat, hidangan satu ini mungkin terdengar asing. Bayangkan sebuah adonan pizza yang diisi topping bahan-bahan cheeseburger seperti saus tomat, daging sapi cincang, lettuce dan keju cheddar. Mantan chef White House, Cristeta Comerford mengatakan bahwa presiden Bush menyukai Cheeseburger Pizza di antara makanan lainnya di dalam Gedung Putih.

Nachos (Barack Obama)

Sering mengunggah kegiatan makan siangnya di YouTube saat menjabat sebagai presiden, Barack Obama mengaku bahwa Nachos adalah makanan favoritnya. Makanan ringan yang berasal dari Mexico ini sering dijumpai di negara bagian berpenduduk latin terbesar di AS seperti Los Angeles dan Texas. Nachos sendiri terdiri dari tortilla chips yang ditaburi daging cincang, potongan tomat dan irisan Jalapeno yang disajikan dengan Guacamole.

Fast Food (Donald J. Trump)

Seluruh staf Gedung Putih paham akan kecintaan presiden Donald Trump terhadap fast food. Terbiasa menjalani gaya hidup sibuk saat menjadi businessman, Trump senang membawa McDonalds dan Burger King untuk menemani perjalanannya di pesawat pribadi. Pemilihan dua brand makanan cepat saji tersebut berdasarkan standar kebersihan yang ditentukan sang presiden.

Ice Cream ( Joe Biden)

Presiden terpilih Amerika Serikat ini sering tertangkap kamera terlihat bahagia ketika menikmati es krim favoritnya. Bahkan, hal ini dikonfirmasi Barack Obama di dalam sebuah video yang menyatakan Biden sangat menyukai es krim. Ice Cream Cone Vanilla yang mudah dijumpai di berbagai ice cream truck ini merupakan favorit Presiden Amerika ke-46 ini.