Maju Tanpa Ragu : Kisah Sukses Bisnis Kecantikan dan Properti Santi Eska
Annisa Laksmi
06 January 2023

Tekun dan terus maju untuk menggapai mimpi. Itulah prinsip yang dipegang teguh oleh Santy Eska, seorang pengusaha wanita yang sukses dengan bisnis kecantikan dan propertinya. Dalam perjuangannya dalam mendirikan wirausahanya, ia telah mengalami berbagai tantangan, yang dihadapinya dengan kekuatan dan ambisi dalam diri untuk tidak pernah menyerah.


Eska Group merupakan perusahaan yang menaungi bisnis kecantikan dan properti milik Santy Eska, yang ia dirikan di Batam. Kini, perusahaan tersebut mulai ekspansi ke ibukota, di bawah kepemimpinan Santy yang anggun namun berani. Berbekal keberanian, semangat, dan ketrampilan wirausaha, Santy memulai bisnisnya dari nol. Uniknya, Santi yang merupakan sarjana Computer Science awal mulanya tidak memiliki latar belakang di kecantikan ataupun hotel, melainkan pendidikan dan karir di bidang IT.


Pengalaman pribadinya menjadi jalan pembuka bagi usahanya di industri kecantikan. Dari perjuangannya dalam memerangi jerawat, Santy percaya bahwa dia dapat menginspirasi orang lain untuk merawat masalah kulit mereka, mendapatkan kulit yang sempurna, dan meningkatkan rasa percaya diri. “Saya dulu mendapat banyak jerawat di wajah yang menurunkan rasa percaya diri saya. Saya berkonsultasi dengan dokter kulit di Singapura, dan kekhawatiran saya terobati dengan produk-produk dari MD Dermatics,” ungkapnya. Pada tahun 2010 ia lalu berkomitmen untuk menghadirkan dan mendistribusikan rangkaian produk dari MD Dermatics kepada konsumen di Indonesia.


Pada tahun 2013, Santy membuka Eska Aesthetic Clinic dan Medispa yang saat ini menjadi satu-satunya one stop aesthetic center di Batam. Klinik kecantikan ini telah mendapatkan pelanggan setia tidak hanya dari berbagai penjuru Indonesia, tetapi juga negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Pusat kecantikan kedua, Eska Derma Aesthetic Clinic, baru saja dibuka di Jakarta. Salah satu perawatan khas mereka adalah injeksi aezosom, yang antara lain memperbaiki tekstur kulit dan mengecilkan pori-pori besar, bekas jerawat, pigmentasi, melasma. Hasil dari injeksi ini akan terlihat hanya dalam sekejap — kulit langsung bersinar dan bagian-bagian yang kasar menjadi lebih halus.


Selain kedua pusat estetika dan kecantikan tersebut, Eska Group juga mengelola 7 gerai spa lainnya di Batam dan Jakarta. Di bawah kepemimpinan Santy sebagai Direktur Eska Group, MD Dermatics Skin Center baru-baru ini dibuka di ibu kota Jakarta, tepatnya di Plaza Indonesia. Portofolio Eska Group di industri perhotelan mencakup dua properti, Eska Hotel dan Grand Eska Hotel & Suites, keduanya berlokasi di Batam.
“Akan selalu ada kesulitan, bahkan kegagalan, dalam bisnis. Tapi jangan biarkan tantangan ini menghentikan Anda. Dari tantangan-tantangan tersebut, kita bisa belajar mencari solusi agar kita bisa lebih baik lagi,” ujarnya. “Dan yang terpenting, kita harus menetapkan pedoman untuk diri kita sendiri, bahwa tidak ada yang mustahil!”


Percaya sepenuhnya pada diri sendiri dan tidak pernah menyerah, bahkan dalam menghadapi kesulitan, adalah dua prinsip yang harus dimiliki seorang pemimpin. Dengan ini, Santy Eska menuai kesuksesan pada wirausahanya yang senantiasa berkembang, maju tanpa ragu.