Share
Luncurkan Tas Plant-Based Pertama, Gucci Gandeng Billie Eilish dalam Campaign-nya
Putrika Annaya Salsabila
31 October 2023

Berinovasi untuk mendukung dunia mode yang berkelanjutan, Gucci meluncurkan tas dengan bahan plant-based dan mengajak Billie Eilish di dalam campaign-nya.


Rumah mode mewah Gucci mengumumkan peluncuran terbaru tas ikonis Horsebit 1955, kali ini dibuat dari bahan Demetra, bahan alternatif bebas hewan yang telah dikembangkan oleh Gucci sendiri.

Dalam dua tahun pengembangan oleh tim teknisi dan pengrajin Gucci, Demetra terbuat dari 75% bahan mentah yang berasal dari tanaman, termasuk poliuretan berbasis biologi yang terbuat dari gandum dan jagung non-GMO, viscose berbasis tanaman, dan serat kayu. Inovasi ini menoreh sejarah untuk Gucci sebagai produk yang pertama kali menggunakan bahan Demetra.

Gucci Demetra 2

Kali ini, Gucci menggandeng penyanyi Billie Eilish sebagai bagian dari campaign tas plant-based ini. Sebagai figur yang dikenal dengan komitmennya terhadap gaya hidup vegan, Billie merasa terhormat bisa jadi bagian dari kampanye ini.

"Saya merasa terhormat menjadi bagian dari evolusi Gucci dalam memikirkan ulang tradisi," ujar Billie, “ini adalah sebuah pemahaman baru dan tidak takut untuk berevolusi ke arah yang baru, hal tersebut adalah yang paling penting bagi saya.”

Gucci Demetra 1

Sebagai bagian dari peluncuran tas ini, Gucci telah bermitra dengan Billie Eilish untuk membuat kampanye yang menampilkan video sinematik yang diiringi dengan lagu Billie, "What Was I Made For?".

Bukan hanya dengan Gucci, Billie juga sebelumnya telah bermitra dengan jenama-jenama fashion lain seperti Nike, membantu perusahaan tersebut mendesain ulang sepatu Air Force 1 menggunakan bahan yang lebih berkelanjutan.

Gucci Demetra 3

Pengembangan Demetra oleh Gucci mencerminkan tren pertumbuhan dalam industri mode, di mana beberapa jenama dan startup bekerja untuk mengembangkan alternatif bebas hewan untuk bahan kulit. VitroLabs, yang didukung oleh advokat lingkungan Leonardo DiCaprio, sedang mengerjakan kulit yang ditanam dari sampel sel.

Startup bahan biomaterial berbasis AS, GOZEN, baru-baru ini mengumumkan investasi untuk meningkatkan produksi LUNAFORM, biomaterial vegan dan bebas plastik yang dibuat oleh mikroorganisme. Selain itu, inovator biomaterial MycoWorks baru-baru ini juga membuka pabrik produksi miselium berukuran komersial, memanfaatkan sumber daya yang berkelanjutan dan dapat diperbarui ini untuk menciptakan bahan kulit bebas hewan yang mewah.