Love Yourself: Merawat Kesehatan Mental Selama Pandemi Berlangsung

Relationship31 March 2020

By Listya Manopo

Love Yourself: Merawat Kesehatan Mental Selama Pandemi Berlangsung

Situasi saat ini memaksa hampir semua orang di bumi untuk tetap berada dalam batas-batas rumah kita. Dengan berita terbaru tentang pandemi global membanjiri media, stres dan trauma dapat memperburuk kesehatan mental kita selama berada di rumah.


Jadi, sementara tinggal di rumah berfungsi untuk melindungi kesehatan tubuh kita, tidak ada salahnya untuk menjaga kesehatan mental kita juga. Langkah-langkahnya cukup sederhana dan pasti bisa dilakukan sendiri atau bersama-sama sebagai keluarga. Sekarang adalah saatnya melakukan “senam” mental – yaitu apa pun yang membuat Anda tenang, santai dan bahagia.

Kopi. Atau teh. Memulai hari dengan secangkir kopi hangat sangat penting untuk kesehatan mental. Bangun sebelum orang lain, tuangkan secangkir kopi, dan minum dalam keheningan sebelum hari benar-benar dimulai. Pada malam hari, setelah anggota keluarga lainnya berada di tempat tidur dan semuanya sudah siap untuk hari berikutnya, secangkir teh herbal (dengan madu) baik untuk kesehatan.

Lari. Orang-orang tidak hanya berlari demi manfaat kesehatan, dan juga sebagai bentuk pelepasan stres. Secara harfiah, berjalan dapat langsung membakar stres. Bagi orang-orang yang hidup dekat dengan alam, ini juga merupakan hal yang baik untuk mulai terhubung kembali ke bumi dan kagumi keajaiban ciptaan Tuhan di sekitar mereka. Untuk penghuni kota, berlari sendirian di sekitar area rumah Anda mungkin yang terbaik.

Abadikan momen bahagia dengan kamera. Menggunakan gawai untuk mengabadikan momen harian yang membuat kita tersenyum dan membagikannya di Instagram dan Facebook untuk membuat orang lain tersenyum adalah resep kebahagiaan. Jika Anda memiliki ‘kamera besar,’ cobalah mengambil foto di dalam dan sekitar rumah, serta menghabiskan waktu untuk mengeditnya untuk mengasah kemampuan yang produktif.

Lakukan sesuatu yang menyenangkan sebagai keluarga. Berada di sekitar keluarga sambil menciptakan kenangan adalah terapi pelepasan stres bagi kebanyakan orang. Siapkan dua atau tiga hal yang harus dilakukan bersama keluarga kecil Anda, baik membersihkan rumah, bermain tenda di ruang tamu, atau mendongeng bersama.

Mengasuh atau mengadopsi hewan perlindungan. Di New York City, masyarakat tidak hanya kehabisan tisu toilet dan pembersih tangan. Shelter hewan peliharaan juga kehabisan anjing atau kucing sebab nyaris seluruhnya telah diadopsi. Ini adalah fenomena yang bagus di mana manusia menjangkau bantuan makhluk lain, dalam hal ini hewan peliharaan, sebagai sumber kegembiraan. Bayangkan berapa banyak nyawa hewan yang tidak bersalah yang selamat.

Luangkan waktu untuk diri sendiri. To-do-list Anda tidak akan pernah berakhir, sementara ‘me-time’ Anda sangat terbatas. Anda dapat duduk santai, rileks, dan biarkan pikiran Anda beristirahat sejenak bersama dengan minyak esensial favorit Anda di dalam diffuser. Pastikan Anda meluangkan waktu untuk diri sendiri, sehingga ke depannya Anda dapat dengan mudah meluangkan waktu untuk orang lain juga.

Foto UNSPLASH, PIXABAY