9 Ide “Liburan” Musim Panas Tanpa Perlu Keluar Rumah

Travel03 June 2020

By Larasati Oetomo

9 Ide “Liburan” Musim Panas Tanpa Perlu Keluar Rumah

Setelah musim hujan berakhir, cuaca cerah seakan mengundang Anda untuk berlibur ke pantai-pantai tropis. Apa daya, pandemi yang masih berlangsung menghalangi Anda untuk memesan tiket.


Meskipun pandemi telah dilonggarkan, ada baiknya kita tetap berjaga-jaga untuk menekan risiko penularan dengan mengurangi mobilisasi. Ada begitu banyak ide “liburan” di daerah sekitar rumah yang tak kalah menyenangkan dengan berlibur ke destinasi wisata favorit Anda. Apa saja?

BERKEBUN

Saatnya manfaatkan ruang kosong di luar rumah dan menyulapnya menjadi kebun rindang! Selain lebih sedap dipandang dan bisa menjadi backdrop foto yang indah, tanaman bunga dan sayuran juga memiliki banyak manfaat yang dapat dipetik (secara harfiah). Pelajari trik berkebun dan memilih tanaman yang sesuai dengan tempat tinggal Anda di berbagai platform sosial.

MINI OLYMPICS

Sibukkan anak-anak dengan sedikit aktivitas kompetisi. Anda dapat memanfaatkan berbagai alat dan ruang di rumah untuk membuat olimpiade mini—tenis meja, permainan kartu atau board games, mini basketball, dan lain-lain. Agar lebih seru, siapkan sistem gamification dengan stiker bintang dan leaderboard.

PARENT PLAY

Cobalah untuk membuat program kelas untuk anak di akhir pekan. Anda dan pasangan dapat bergantian mengajarkan skill pribadi Anda bersama anak. Pilih aktivitas luar ruang yang lebih menyenangkan seperti berenang di kolam rumah atau membuat mainan sendiri.

DOGS DAY OUT

Ruang terbuka yang tidak terlalu padat merupakan tempat yang cukup aman untuk beraktivitas. Siapkan satu hari yang didedikasikan untuk aktivitas dengan hewan peliharaan di rumah dengan sederet aktivitas yang tak hanya memanjakan si anak berbulu, namun juga melekatkan anggota keluarga.


CYCLING

Semenjak protokol pencegahan COVID-19 ditetapkan, sepeda menjadi pilihan moda transportasi penduduk Paris, Prancis. Mumpung cuaca sedang cerah sementara kita merindukan dunia luar, cobalah untuk berkeliling dengan sepeda ke taman kota untuk mendapatkan udara segar tanpa perlu melerakan risiko penularan penyakit.

SELF-PAMPERING

Pilihlah satu hari penuh berisi aktivitas-aktivitas favorit Anda, mulai dari menikmati cocktail di tepi kolam renang, membaca, spa DIY, dan lain sebagainya.

MENGECAT TEMBOK RUMAH

Anda atau anggota keluarga Anda pandai melukis? Mari mengeksplor medium baru seperti tembok kosong di rumah untuk menuangkan bakat sementara memperbarui suasana rumah. Ada berbagai teknik seru mengecat tembok di rumah yang dapat Anda temukan di media sosial.

BONFIRE!

Saatnya melekatkan ikatan dengan orang-orang terdekat dengan berbagai aktivitas kemping lengkap dengan bonfire dan tenda. Pilih tempat terbuka yang dekat dari rumah atau vila milik keluarga dan tetap perhatikan protokol kesehatan selama kemping mini.

Foto UNSPLASH