Lezat! Jenis Minyak Zaitun yang Cocok Untuk Ditambahkan ke Makanan dan Masakan Anda
Annisa Indah
09 March 2022

Minyak zaitun sering digunakan sebagai salah satu bahan masakan karena dikenal dapat membantu membawa rasa makanan dan rempah-rempah, memberikan rasa enak di mulut, dan memuaskan nafsu makan.



Ada banyak jenis minyak zaitun yang dapat digunakan pada makanan Anda. Minyak zaitun extra virgin (extra virgin olive oil/EVOO) berasal dari batch pertama dari buah zaitun yang di-press, dan merupakan kualitas tertinggi. Perasan kedua dapat menghasilkan minyak zaitun murni (virgin olive oil), yang memiliki rasa yang tidak sekuat EVOO, dan pemerasan ketiga dapat menghasilkan minyak zaitun generik. Musim juga penting dalam menentukan rasa minyak zaitun. Minyak zaitun yang dibuat dari buah zaitun di awal musim seringkali lebih pedas dan lebih kuat, sementara buah zaitun yang dipanen di akhir musim mungkin memiliki nuansa yang lebih lembut.


Beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan minyak zaitun pada masakan:
- Meskipun minyak zaitun extra-virgin dan virgin tahan terhadap panas dengan sangat baik, mereka kehilangan rasa saat dipanaskan, jadi paling baik untuk hidangan mentah. Gunakan untuk menyelaraskan rempah-rempah dalam hidangan, untuk menguatkan rasa.
- Minyak zaitun juga menyeimbangkan keasaman dalam makanan tinggi asam, seperti tomat, cuka, anggur, dan jus lemon. Secara umum, perlakukan minyak zaitun Anda seperti halnya minuman anggur, dengan hati-hati memasangkan rasanya dengan rasa dari bahan-bahan lain dalam masakan yang Anda buat.

Minyak zaitun seperti apakah yang cocok dipadankan pada masakan Anda? Berikut guide-nya:

- Untuk saus salad, dioleskan ke roti
Makanan Italia, seperti bruschetta atau pasta, cocok dipadukan dengan minyak zaitun Italia yang kuat, sementara memanggang ikan atau sayuran lebih cocok dengan minyak zaitun Yunani yang lebih fruity. Beberapa minyak zaitun, seperti minyak Tuscan khusus Manni, sebaiknya tidak digunakan dalam jumlah yang banyak sekaligus. Karena rasio rasanya yang tinggi, yang tidak ditujukan agar ditenggelamkan oleh bahan masakan lainnya.

- Untuk roast dan marinade
Minyak zaitun extra virgin adalah minyak zaitun yang paling beraroma, dan sangat ideal untuk memasak hidangan gurih. Namun, minyak zaitun extra virgin memiliki titik asap sekitar 190C, jadi harus diperhatikan suhu yang akan digunakan ketika memanggang dalam oven.

- Untuk baking
Jika Anda membuat kue atau kue kering yang menggunakan minyak zaitun, pastikan untuk menggunakan botol ekstra virgin yang segar, sehingga rasa minyak zaitun dapat benar-benar bersinar dan menawarkan rasa yang optimal.

- Untuk menggoreng dan menumis
Fine virgin oil cocok digunakan untuk hampir semua resep, dan mirip dalam segi rasa dengan EVOO. Selain itu, ia tahan panas sehingga layak digunakan di atas kompor seperti saute, panfry, atau stir-fry.