Lewat ‘seeforcare’, Ria Rusli Sebarkan Semangat Kebaikan Bersama Putri Tercinta
Dewi Anggriani Siregar
19 September 2022

Pandemi COVID-19 menimbulkan banyak dampak dan perubahan dalam segala aspek, termasuk segala bentuk kegiatan dan aktivitas sehari-hari. Namun, hal tersebut tampaknya tidak menjadi penghalang bagi Ria Rusli untuk tetap memupuk jiwa sosialnya serta menyebarkan kebaikan terhadap sesama.


Masa pandemi menjadi salah satu momen berharga di mana kita bisa menghabiskan banyak waktu dengan orang-orang tersayang. Begitupun dengan Ria Rusli, di tengah kesibukannya, ia tetap menjalankan kegiatan sosial dengan mematuhi protokol kesehatan yang ada. Selama masa pandemi, Ria Rusli juga mengaku memiliki banyak waktu luang bersama keluarga dan anak-anak di rumah.

Menurunkan kebiasaan berbagi kepada anak-anaknya, Ria Rusli berhasil menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi kepada Rania, sehingga mampu mendirikan sebuah komunitas yang diberi nama ‘seeforcare’.

‘seeforcare’ sendiri merupakan sebuah komunitas sosial berisi anak-anak remaja yang berfokus terhadap 4 pilar yakni pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, serta seni dan budaya. Berkegiatan di pusat Kabupaten Bekasi, ‘seeforcare’ juga turut berkolaborasi dengan banyak pihak untuk menyebarkan kebaikan di banyak tempat.

Bicara tentang kebaikan, jiwa sosial merupakan salah satu hal penting yang harus dipupuk sejak dini. Sebab jiwa sosial merupakan salah satu hal yang tidak bisa didapatkan begitu saja ketika anak lahir. Orang tua berperan besar dalam memberikan aktivitas yang bisa menumbuhkan jiwa sosial sang anak. Jiwa sosial inilah yang Ria Rusli tanamkan di diri anak-anaknya sejak mereka kecil. Bagaimana indahnya peduli, berbagi, dan mencintai sesama, tidak hanya secara materi namun juga berbagi rasa dan senyuman bagi mereka yang membutuhkan.

Selama berkecimpung dalam kegiatan sosial, Ria Rusli mengaku mendapat banyak sekali nilai-nilai moral tentang kehidupan, khususnya di ‘seeforcare’. Nilai-nilai dan pelajaran berharga tersebutlah yang kemudian membuat ia semangat untuk terus menyebarkan kebaikan di mana pun dan kapan pun, sesederhana bagaimana ia dapat menyaksikan senyum dan tawa mereka yang membutuhkan.

Ia juga mengatakan bahwa nilai kehidupan lain yang ia dapatkan adalah bagaimana kita sebagai manusia harus memiliki perasaan yang lebih peka terhadap segala hal dan segala sesuatu yang terjadi serta lebih bersemangat menumbuhkan ide-ide kreatif dan menciptakan gerakan-gerakan kebaikan agar tetap bisa mengasihi sesama.

“Saya berharap agar ‘seeforcare’ ini ke depannya bisa semakin lebih luas dan semakin besar jangkauannya. Saya juga berharap agar kedepannya anak-anak muda lain juga bisa bergabung dengan ‘seeforcare’ dan bersama-sama kita di sini saling berempati, berbagi kebaikan serta kebahagiaan bersama.” tutupnya.

Photos: Febi Ramdhan
Styling: Bung Bung Mangaraja