Share
Lewat Simfoni Untuk Bangsa (SUB), Jakarta Concert Orchestra (JCO) Apresiasi Karya Koes Plus
Dewi Anggriani Siregar
24 August 2023

Menginjak tahun ke-14, Simfoni Untuk Bangsa kembali mengadakan sebuah pagelaran yang melibatkan hampir 250 musisi dan penyanyi termasuk Batavia Madrigal Singers (BMS) - pemenang 32nd European Grand Prix for Choral Singing 2022 dan The Resonanz Children Choir (TRCC) - juara umum Leonardo Da Vinci International Choral Festival 2023 di Italia.


Sebagai salah satu orkestra terbaik di Indonesia, Jakarta Concert Orchestra (JCO) dengan bangga menghadirkan kembali konser tahunan Simfoni Untuk Bangsa 2023 yang akan digelar pada Sabtu, 26 Agustus 2023, di Gedung Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki. Tak hanya sekadar pertunjukan musik, konser ini juga menjadi sebuah perjalanan melintasi ragam musikalitas karya komposer Indonesia. Menariknya, tahun ini, JCO akan mengajak penonton untuk nostalgia lagu-lagu Koes Plus, legenda musik Indonesia.

SIMFONI UNTUK BANGSA 1

“Koes Plus merupakan grup musik legenda Indonesia yang telah menjadi panutan industri musik Indonesia. Grup musik paling produktif berkarya dengan tema paling beragam, dari lagu anak hingga dewasa, dari lagu pop hingga lagu daerah Indonesia bahkan lagu dengan tema nasionalisme. Kiranya belum ada grup musik lain di Indonesia yang se-produktif dan se-variatif mereka. Kekayaan kreativitas yang melekat pada karya-karya Koes Plus telah menarik perhatian saya untuk menyajikan lagu mereka dengan formasi orkestra,” tutur Avip Priatna, Direktur Musik dan Konduktor Jakarta Concert Orchestra.

Koes Plus telah menjadi legenda musik di tanah air sejak berdiri pada tahun 1968 dan masih eksis hingga saat ini. Dianggap sebagai pelopor musik Pop serta Rock & Roll di Indonesia, Koes Plus tergolong berani bereksperimen. Genre karya Koes Plus beragam mulai dari pop, dangdut/melayu, pop keroncong, pop anak-anak, pop qasidah & juga folk. Selain bahasa Indonesia, lirik lagu Koes Plus pun merangkul berbagai bahasa, mulai dari bahasa asing (Inggris & Prancis) hingga bahasa daerah (Jawa, Batak), semakin memperkuat pengaruh budaya yang menjadi sumber inspirasi bagi mereka.

SIMFONI UNTUK BANGSA 3

Tidak hanya itu, perhelatan ini juga akan dimeriahkan oleh Batavia Madrigal Singers, pemenang paduan suara tertua 32nd European Grand Prix for Choral Singing 2022, The Resonanz Children Choir (TRCC), juara umum Leonardo Da Vinci International Choral Festival 2023 di Italia, TRCC Serunai dan Armonia Choir, paduan suara senior yang akan tampil perdana pada Simfoni Untuk Bangsa.

“Saya sangat antusias menyambut perhelatan besar Simfoni Untuk Bangsa 2023. Dengan keterlibatan seluruh elemen dalam ekosistem The Resonanz Music, kami berharap konser ini akan menghadirkan lagu-lagu klasik legendaris Koes Plus dengan harmoni yang begitu mendalam. Kami ingin konser ini membawa penonton dalam perjalanan musikal yang memukau, menyatukan kenangan dengan simfoni lagu-lagu abadi,” ujar Ibu Giok Hartono, Pembina The Resonanz Music.

SIMFONI UNTUK BANGSA 2

Sebanyak dua puluh lima lagu dari Koes Plus akan dibawakan oleh Jakarta Concert Orchestra yaitu Kisah Sedih Di Hari Minggu, Andaikan Kau Datang, Why Do You Love Me, Dara Manisku, Manis & Sayang, Ku Jemu, Bujangan, Kolam Susu, Bis Sekolah, Nusantara 3, Hidup Yang Sepi, Kapan Kapan, Mari Berjoget, Oh Kasihku, Jangan Marah, Hura-Hura, Ta-Ta-Ta-Ta, Mandolin, Do Re Mi, Sepasang Merpati, Diana, Nusantara 2, Tul Jaenak, Mengapa dan Kembali Ke Jakarta, secara single maupun medley.