Leonardo DiCaprio Sumbang Dana Untuk Bantu Warga Ukraina
Adelia Ayu
10 March 2022

Bersimpati atas keadaan di Ukraina, aktor Leonardo DiCaprio sumbang dana ke sejumlah lembaga kemanusiaan global untuk membantu warga dan pengungsi.


Situasi perang yang terjadi antara Ukraina dengan Rusia membuat sederet selebriti dunia bersimpati akan keadaan Warga Negaranya. Salah satunya aktor sekaligus aktivis, Leonardo DiCaprio yang menunjukkan dukungannya terhadap Negara tersebut melalui sumbangan dana di berbagai lembaga kemanusiaan untuk membantu para pengungsi. Ia juga dikenal sebagai selebriti yang sering aktif berpartisipasi menyelesaikan isu humanitarian di PBB.

Lembaga-lembaga kemanusiaan yang menerima dana dari aktor berusia 47 tahun tersebut adalah CARE, IRC, UNHCR dan Save the Children. Meski jumlahnya bersifat confidential, sumbangan tersebut akan langsung disalurkan kepada para warga dan pengungsi Ukraina yang membutuhkan. Representatif sederet lembaga di atas juga menyatakan DiCaprio prihatin akan tragedi perang yang terjadi di Negara tersebut dan terdorong untuk membantu para warganya, baik pengungsi maupun yang tetap tinggal di sana.

Selain didasari keprihatinan, dukungan DiCaprio terhadap Ukraina adalah bentuk penghormatan terhadap sang nenek, Helene, yang lahir di Odessa, Ukraina. Tidak hanya peduli terhadap isu kemanusiaan, aktor ‘The Revenant’ ini juga aktif menjaga lingkungan melalui yayasannya yang bernama Leonardo DiCaprio Foundation yang fokus terhadap perlindungan satwa langka. Melalui yayasan tersebut, Ia meraih beragai pencapaian, seperti dua film pendek berjudul 'Water Planet' dan 'Global Warning' yang mengubah cara pandang publik terhadap krisis lingkungan global.