Share
Lebih Mudah Dicerna oleh Tubuh, Inilah Minyak MCT dan Khasiatnya untuk Kesehatan
Annisa Indah
05 November 2021

Suplemen minyak MCT mulai terdenger lagi gaungnya, dan konon baik untuk kesehatan, diantaranya untuk menunjang diet dan juga kesehatan pencernaan. Apakah kandungan dan khasiat dari suplemen tersebut?


Minyak MCT mengandung Medium Chain Trigliserides atau trigliserida rantai menengah. Trigliserida rantai menengah adalah asam lemak yang dapat ditemukan dalam sumber makanan seperti minyak kelapa, minyak inti sawit, dan beberapa produk susu.


Trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang terdiri dari rantai atom. Rantai ini bisa pendek (enam atau lebih sedikit atom), panjang (12 atau lebih atom), atau panjang sedang (di antara keduanya). Jadi trigliserida rantai sedang adalah trigliserida dengan rantai sedang.

Trigliserida rantai sedang lebih mudah dipecah oleh tubuh Anda daripada trigliserida dengan rantai yang lebih panjang (Long Chain Triglicerides atau LCT.) Hal ini berarti tubuh dapat memetabolisme MCT dengan lebih mudah, dan lebih cepat mengubahnya menjadi sumber energy.


Khasiat MCT antara lain:


- Peningkatan energy
Karena MCT mudah dicerna, maka dapat menjadi sumber energy yang cepat dan efisien. beberapa penelitian menunjukkan bahwa MCT dapat meningkatkan energi dan memungkinkan orang untuk melakukan latihan intensitas tinggi yang lebih lama.


- Memberi perasaan kenyang
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa MCT dapat membuat Anda merasa lebih kenyang karena terkait dengan peningkatan peptida YY dan leptin—dua hormon yang memberi sinyal ke otak bahwa Anda sudah kenyang.


- Peningkatan Memori dan Fungsi Otak
Beberapa penelitian, walaupun masih dalam tahap awal, telah menemukan bahwa MCT dapat meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan memori, terutama pada orang dengan penyakit Alzheimer.

Sebelum mengkonsumsi suplemen, pastikan untuk konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan terlebih dahulu.