Share
Lebih Dari 2000 Atlet Muda Mengikuti Audisi Umum PB Djarum 2022
Devi Agwidya Ramadhania
28 October 2022

Lebih dari 2.000 Atlet Muda dari Berbagai Penjuru Indonesia Siap Perebutkan Djarum Beasiswa Bulutangkis melalui Audisi Umum PB Djarum 2022.


Rangkaian Audisi Umum PB Djarum 2022 dilaksanakan selama 5 hari, mulai dari Rabu, 19 Oktober 2022 hingga Minggu, 23 Oktober 2022, di GOR Djarum Jati Kudus. Sebanyak tidak kurang dari 2.334 atlet pebulutangkis muda dari seluruh penjuru Indonesia berkumpul demi memperebutkan Djarum Beasiswa Bulutangkis dari Bakti Olahraga Djarum Foundation. Atlet putra dan putri dengan kelompok usia U-11 dan U-13 yang lolos seleksi, akan mendapatkan benefit bergabung menjadi atlet binaan PB Djarum nantinya.

Proses seleksi akan berlangsung dengan ketat. Bertemakan #TeruskanSemangatJuara, penyelenggaraan audisi ini menjadi ajang untuk melahirkan bibit-bibit berkualitas untuk ditempa di asrama PB Djarum. Sebagaimana dikatakan oleh Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation yang juga Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin, “Ekosistem bulu tangkis perlu terus dikembangkan, salah satunya melalui pembinaan atlet usia dini. Karena, melahirkan para juara itu merupakan proses dari sebuah investasi jangka panjang yang harus dimulai sejak para atlet berusia usia dini”.

Yoppy juga menambahkan kalau PB Djarum tidak membatasi jumlah peserta yang mengikuti Audisi Umum ini. Alasannya, karena kegiatan ini sudah vakum selama 2 tahun akibat pandemi. Maka dari itu, Audisi Umum kali ini menjadi kesempatan bagi para atlet usia dini dan orang tua mereka yang mengharapkan anaknya bisa bergabung dengan PB Djarum.

Audisi Umum tahun ini menerapkan sistem penilaian yang cukup ketat demi mendapatkan bibit pebulutangkis berkarakter dan berkualitas sesuai kriteria yang ditentukan PB Djarum, hal ini dibenarkan oleh Ketua Tim Pencari Bakat Audisi Umum PB Djarum, Sigit Budiarto. akan ada dua tahap screening, yaitu bermain lima menit pada 19 Oktober dan bermain 10 menit pada 20 Oktober 2022.

Setelah tahap screening, proses seleksi berlanjut ke tahap turnamen dari tanggal 21 Oktober hingga 23 Oktober 2022. Untuk kategori putra, para semifinalis di kelompok usia U-11 dan U-13 akan masuk ke tahap karantina. Sementara untuk kategori putri yang berhasil masuk ke babak final turnamen mereka yang berhak melaju ke tahap karantina.

Proses seleksi pada Tahap Karantina ini cukup berbeda dibanding Audisi Umum tahun-tahun sebelumnya dari yang semula hanya satu minggu menjadi tiga minggu. Selama rentan waktu tersebut, calon atlet PB Djarum akan dinilai melalui tiga aspek yakni tes fisik, tes kesehatan dan psikotes.

Audisi Umum PB Djarum 2022 ini juga tetap memperhatikan protokol kesehatan. Terdapat pembatasan jumlah pengunjung dengan pendataan melalui barcode untuk mencegah kerumunan di arena pertandingan. Di luar GOR disediakan LED agar yang belum bertanding dapat menonton dari luar, sehingga di dalam GOR hanya akan ada atlet yang bertanding.

Peserta yang hadir pada Audisi Umum Djarum 2022 berasal dari berbagai penjuru Indonesia, antara lain: Jawa Tengah 1.155 peserta, Jawa Barat 323 peserta, Jawa Timur 282 peserta, Bali 18 peserta, Sumatera 84 peserta, Kalimantan 71 peserta, Sulawesi 71 peserta, dan Papua 20 peserta.