Launching Koleksi Perdana, Baha Gia Hadirkan Redefinisi Feminitas dan Kebahagiaan di Koleksi Terbaru
Dewi Anggriani Siregar
22 September 2022

Local brand fashion, Baha Gia, baru saja menghadirkan koleksi terbarunya yang bertajuk “Moment of Joy” pada 19 September 2022.


Diinisiasi oleh Bianca A. Lutfi, Baha Gia lahir untuk meredefinisi koleksi fashion guna menciptakan afirmitas feel good and looks good. Brand ini berfokus terhadap koleksi-koleksi colorful dengan prints-prints menarik melalui pengerjaan berkualitas tinggi dan detail artisenal.

Pada koleksi perdana ini, Baha Gia memperkenalkan koleksi “Di Ranah Minang yang terinspirasi dari keanekaragaman budaya Sumatera Barat. Contohnya burung Kuau Raja yang merupakan salah satu motif burung asli dari daerah tersebut. Ia mengungkapkan bahwa setiap motif yang terdapat dalam koleksi dress Baha Gia memiliki makna yang sangat dalam.

Koleksi perdana ini didominasi oleh flowing dresses yang praktis untuk menunjang gaya hidup wanita aktif dan rajin traveling. Sleeveless dress atau long sleeve dress hadir dalam spirit feminin dan terkandung wibawa di dalamnya. Detail ruffles atau pleats menegaskan keanggunan dalam setiap easy to wear pieces-nya.

Inspired by my own heritage yang pertama adalah karena ayah saya orang Padang. Jadi saya pikir akan menarik apabila saya menggunakan unsur-unsur yang terinspirasi dari daerah Sumatera Barat. Jadi kami menggunakan elemen-elemen dari daerah Sumatera Barat yang kami masukkan ke dalam prints. Contohnya ada salah satu dress yang menggambarkan bagaimana petani bercocok tanam, terdapat bunga cabai, dan aktivitas lain yang menceritakan tentang bagaimana kehidupan masyarakat sehari-hari terutama di daerah Sumatera Barat. Kita juga ada dress yang terinspirasi dari asritektur Sumatera Barat, rumah Gadang.”

Motif lain seperti berbagai rempah-rempah yang digunakan dalam hidangan kuliner yang lezat, hingga keunikan arsitektur Sumatera Barat, menjadi fondasi inspirasi yang mewarnai motif pada koleksi ini. Reimajinasi dan redefinisi tentang budaya ini terimplementasi dengan spirit positif dan modern.

Bianca menerjemahkan semangat maksimalis yang riang, percaya diri dan tetap klasik. Bagaimana Baha Gia dapat membawa kebahagiaan bagi para penggunanya serta memuculkan rasa percaya diri yang tinggi. “I want women to be happy and carefree. I want my dresses to be like warm-hearted hugs,” ungkap Bianca.