Share
Langkah Dini Cegah Jerawat Agar Kulit Wajah Lebih Sehat dan Bersinar
Dewi Anggriani Siregar
29 January 2024

Penggunaan skincare secara rutin sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, bukan soal rutinitasnya saja, tetapi harus ada pemilihan produk dan urutan penerapannya juga perlu kita ketahui. Urutan yang tidak sesuai, justru bisa membuat kulit menjadi menjadi bermasalah.


Jerawat umumnya mengacu pada komedo putih, komedo hitam, dan jerawat batu, yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan bakteri. Jerawat kistik hidup lebih dalam di kulit dan bisa lebih sulit untuk dihilangkan. Ada beberapa faktor berbeda yang dapat menyebabkan jerawat, mulai dari hormon, genetik. hingga stres yang berlebihan. Dengan menggunakan Skincare merupakan cara mudah yang dapat membantu mengatasi permasalahan kulit. Menggunakan produk setiap pagi dan malam dan pastikan sudah menggunakan formula dengan bahan yang tepat.

KULIT

Rutin Membersihkan Wajah Pagi dan Malam

Pembersihan merupakan kegiatan yang sangat penting untuk mengobati jerawat, tetapi ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan yakni:
- Memilih formula krim jika kondisi kulit lebih kering atau pembersih dengan busa jika memiliki kulit yang berminyak.
- Gunakan pembersih bebas minyak dan mencari produk yang mengandung bahan aktif guna melawan jerawat.
- Hindari penggunaan exfoliasi kulit yang keras, yang dapat semakin mengiritasi kulit.
- Cukup gunakan ujung jari saat mengoleskan pembersih, hindari menggunakan sikat pembersih, waslap atau alat lainnya karena dapat menarik dan menyebarkan lebih banyak bakteri ke kulit.
- Cuci muka dengan air yang hangat tapi tidak terlalu panas. Dengan air hangat dapat menyebabkan iritasi dan juga dapat menyakitkan tergantung pada tingkat keparahan jerawat.

Menggunakan Cream Khusus Jerawat

Semua pengaplikasian Tergantung pada seberapa banyak dan parah jerawat, Bisa juga mengoleskan krim atau obat jerawat. Ada perawatan topikal dan obat-obatan tertentu yang bisa didapatkan dari dokter. Memahami kebutuhan tersebut Aqua+ series Indonesia memiliki produk “On The Spot” yaitu krim wajah yang diformulasikan khusus untuk wajah berjerawat. menggabungkan Salicylic Acid dengan zat inovatif lainnya (bahan-bahan untuk mengatasi berbagai penyebab jerawat) dengan menggunakan teknologi SalSphere atau biasa dikenal dengan Nanotechnology yang membantu pengiriman bahan-bahan agar menyerap dengan baik dan langsung pada titik permasalahan kulit.

Menggunakan Pelembab

Selanjutnya apapun bentuk jerawat yang dimiliki, penting untuk menggunakan pelembab baik di pagi maupun malam hari. Kulit yang sensitif dengan jerawat perlu mendapatkan perawatan seimbang. Pelembab dapat membantu kulit menghasilkan jumlah minyak yang tepat. Adapun aturan pelembab yang bisa aplikasikan adalah di pagi hari, gunakan pelembab bebas minyak dengan SPF minimal 30, atau gunakan tabir surya di atas pelembab untuk menjaga kulit a terhidrasi dan terlindung dari sinar UV. Di malam hari, pilihlah pelembab non-comedogenic bebas minyak yang tidak menyumbat pori-pori. Pelembab gel atau yang mengandung asam hialuronat yang menghidrasi (yang membantu kulit tetap lembab lebih lama) adalah pilihan yang baik.