Share
Lakukan Clear Skin Diet dan Rasakan Manfaatnya untuk Kesehatan Kulit
Dewi Anggriani Siregar
07 March 2022

Perawatan kulit tidak akan optimal tanpa dibarengi dengan pola makan yang sehat. Apa yang kita konsumsi menjadi salah satu faktor terbesar yang menentukan kondisi kulit. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan melakukan clear skin diet.


Memiliki kulit mulus dan sehat merupakan impian setiap orang. Kulit yang sehat akan terbebas dan terhindar dari segala macam permasalahan kulit seperti jerawat, kulit kusam, berminyak, komedo, dan beruntusan. Meski begitu, jangan sampai permasalahan kulit ini berlarut-larut membuat Anda merasa insecure dan menjadi tidak percaya diri. Sebab timbulnya jerawat dipicu oleh perubahan hormonal dalam tubuh. Hal ini merupakan kondisi normal yang bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menciptakan kulit sehat dan bersih serta terhindar dari jerawat. Salah satunya adalah penggunaan skincare untuk wajah. Seringkali kita menghabiskan pundi-pundi rupiah untuk mencoba skincare terbaik dengan harapan formula yang terdapat di dalam skincare tersebut dapat memperbaiki skin barrier kita dan perlahan menghilangkan jerawat serta semua permasalahan kulit yang kita miliki.

Namun tahukan Anda, bahwa kulit yang sehat tidak bisa didapatkan hanya dengan melakukan perawatan luar saja. Selain memperhatikan penggunaan produk wajah, salah satu hal terpenting yang harus Anda lakukan untuk menciptakan kulit yang sehat adalah dengan memperbaikinya dari dalam.

Menjaga pola makan dan pola hidup sehat adalah salah satu cara paling mujarab untuk memperbaiki kondisi kulit Anda. Penggunaan produk skincare atau perawatan klinik kecantikan pun tidak akan memberikan hasil yang optimal jika tidak dibarengi dengan pola makan yang sehat. Memperbaiki kondisi kulit dari dalam bisa Anda mulai dengan melakukan clear skin diet rendah gula, karena gula merupakan salah satu penyebab terbesar tumbuhnya jerawat.

Dikutip dari buku “The Acne-Free Diet Plan: 30 Days to Clearer Skin” karya Dr. Goodless, metode clear skin diet merupakan cara pengurangan jerawat dengan mengonsumsi makanan rendah gula, tinggi serat, menghindari gorengan dan garam, pun mengonsumsi makanan tinggi karbo. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mulai melakukan clear skin diet.

1. Kurangi Konsumsi Gula

Menghindari asupan gula harian merupakan sebuah hal yang terbilang sulit dan mustahil. Anda bisa memulainya dengan mengurangi terlebih dahulu konsumsi gula dan menggantinya dengan makanan seperti buah dan sayur yang mengandung gula, untuk menahan keinginan terhadap makanan manis. Usahakan untuk mempertahankan asupan gula harian 2-4 porsi fruktosa yang dapat ditemukan dalam buah-buahan.

2. Hindari Produk Olahan Susu

Meskipun mengandung nutrisi, kalsium, dan protein yang baik bagi tubuh, makanan dari bahan hewani termasuk susu bukanlah sumber protein yang ideal. Terutama susu olahan yang memiliki kandungan gula tinggi. Selain itu, protein dari susu dapat meningkatkan hormon androgen yang memicu inflamasi dan berbagai masalah kulit lainnya. Menghindari produk susu mungkin tidak dapat dihindari secara langsung, namun Anda bisa mengurangi dan menggantinya dengan mengonsumsi yogurt bebas gula sebagai sumber kalsium, protein, dan probiotik.

3. Hindari Berbagai Macam Gorengan

Makanan yang digoreng memanglah nikmat, namun gorengan memiliki kandungan lemak jenuh dan lemak trans yang dapat memperlambat sirkulasi darah dan dapat menyumbat pori-pori apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Hasilnya, kulit pun akan mengalami masalah komedo dan mudah berjerawat.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Usahakan untuk mengonsumsi air putih minimal 8-10 gelas sehari. Air putih dapat menjaga kelembapan kulit dan dapat mengatasi masalah jerawat. Air dapat membantu menghilangkan racun dan bakteri pada kulit, serta mengurangi potensi penyumbatan pori-pori penyebab timbulnya jerawat. Cobalah untuk membiasakan minum 2 gelas air putih setelah bangun tidur. Ini adalah waktu terbaik, sebab selama tidur tubuh tidak memiliki cairan baru.

5. Konsumsi Makanan Kaya Karbohidrat dan Antioksidan

Radikal bebas menjadi salah satu penyebab utama kerusakan pada jaringan dan sel kulit. Bahkan, dapat memicu penuaan sel, munculnya keriput, garis halus, bintik hitam, dan membuat wajah tampak kusam. Kandungan antioksidan dalam tubuh dapat menetralisir kadar radikal bebas yang ada dan melawan dampak buruknya pada tubuh serta kulit wajah.

Mulailah untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung antiksidan seperti buah-buahan, sayuran hijau, juga wortel atau jenis umbi-umbian, gandum, dan biji-bijian tertentu.